Reshuffle Kabinet: Jadi Mendikbud, Muhadjir Effendy Mumpuni di Pendidikan

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 27 Juli 2016 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 27 65 1447853 jadi-mendikbud-muhadjir-effendy-mumpuni-di-pendidikan-Swz9zmomxH.jpg Mantan Rektor UMM menggantikan Anies Baswedan sebagai Mendikbud. (Foto: dok. UMM)

JAKARTA - Hari ini, nama Muhadjir Effendy muncul dalam susunan baru Kabinet Kerja yang diumumkan Presiden Joko Widodo. Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu akan menggantikan Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dalam reshuffle kabinet kali ini.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut, Muhadjir memiliki kualifikasi mumpuni dalam bidang pendidikan. Di antara buktinya, kata Pratikno, Muhadjir menjabat sebagai rektor UMM beberapa periode serta menjadi ketua PP Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan litbang.

"Pak Muhadjir tidak hanya berpengalaman dalam bidang pendidikan tinggi, tetapi juga dalam membawa berbagai organisasi yang dipimpinnya meningkatkan prestasi," ujar Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Muhadjir Effendy adalah rektor kelima UMM. Pria kelahiran Madiun, 29 Juli 1956 itu juga dikenal sebagai sosiolog yang ahli di bidang militer dan intelektual muslim.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini