Share

Peserta SBMPTN 2016 Termuda Ingin Masuk ITB Sejak 4 Tahun

Oris Riswan, Okezone · Selasa 31 Mei 2016 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 31 65 1402681 peserta-sbmptn-2016-termuda-ingin-masuk-itb-sejak-tk-0Kwk5ij7uq.jpg Musa Izzanardi Wijanarko, peserta SBMPTN 2016 termuda. (Foto: Oris R/Okezone)

BANDUNG - Musa Izzanardi keluar dari salah satu ruang kelas di SMP Yayasan Atikan Sunda (YAS) Bandung dengan wajah percaya diri. Dia baru saja mengikuti ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.

Izzan (sebelumnya ditulis Musa), begitu ia biasa disapa, merupakan peserta SBMPTN 2016 termuda. Baru berusia 13 tahun, Izzan jadi pembeda di antara peserta lain yang rata-rata berusia di atas 16 tahun.

"Rame sih ujiannya. Di dalam kelas pesertanya seumuran kakak saya semua," kata Izzan, Selasa (31/5/2016).

Selama mengikuti ujian, Izzan mengaku tidak canggung. Sebab dia sudah belajar cukup keras demi bisa masuk perguruan tinggi idamannya.

"Soal-soalnya agak beda dari yang dipelajari, tapi lumayan bisa dikerjakan. Saya optimistis bisa diterima," ungkapnya.

Izzan sendiri bisa mengikuti ujian SBMPTN 2016 setelah lulus mengikuti ujian paket C pada April 2016 lalu. Dia tidak menempuh pendidikan formal. Selama ini, dia belajar melalui proses home schooling.

Anak kedua dari tiga bersaudara itu memilih FMIPA ITB, jurusan matematika di Universitas Indonesia (UI), dan fisika di UI. Bagi Izzan, matematika dan fisika adalah bidang yang sangat diminatinya.

Soal alasan memilih ITB, ia mengaku sudah sangat menginginkan kuliah di sana sejak kecil. "Saya mau masuk ITB sejak kecil, dari usia sekira 4 tahun. Mungkin karena dari kecil sering diajak main sama orangtua di ITB, jadi yang kepikiran ingin masuk ITB," tuturnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini