Share

UNS Siap Gelar SBMPTN CBT

Bramantyo, Okezone · Jum'at 26 Februari 2016 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 26 65 1322127 uns-siap-gelar-sbmptn-berbasis-komputer-NeJBu2n36w.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) siap menggelar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berbasis komputer. Selain UNS, ada 15 perguruan tinggi negeri (PTN) lain yang juga siap memakai sistem baru tersebut.

Rektor UNS, Prof Dr. Ravik Karsidi menyebutkan, segala persiapan SBMPTN berbasis komputer sudah rampung dan tinggal menunggu rapat pleno PTN pada Minggu, 28 Februari. "Kepastian pelaksanaan seleksi bagi perguruan tinggi negeri berbasis komputer akan ditentukan dalam rapat pleno tersebut," jelas Ravik di Rektorat UNS, Solo, baru-baru ini.

Ravik menjelaskan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) sendiri membuat investasi terkait SNMPTN CBT tersebut. Tahun ini, kata Ravik, sistem ujian berbasis komputer diharapkan bisa menjangkau minimal 10 ribu peserta seleksi.

"Tes berbasis komputer ini lebih efektif dan efisien, mampu menghindarkan kasus kebocoran atau kecurangan. Pasalnya, setiap peserta, meski berdampingan akan mengerjakan soal yang berbeda," tegas Ravik.

Ravik menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan 100 unit komputer untuk pelaksanaan SBMPTN CBT. Fasilitas tersebut biasanya digunakan dalam uji kompetensi dokter.

"Keseratus komputer itu bisa menjadi modal awal untuk seleksi berbasis komputer tersebut, " pungkasnya.

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini