Share

Lepas Wisuda, Unila Dihujani Batu dan Baku Hantam

Riani Dwi Lestari, Okezone · Kamis 22 September 2011 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 22 65 505506 coUXo1FuJ6.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

LAMPUNG - Tindak kekerasan sepertinya tengah marak di kalangan pelajar dan mahasiswa. Belum lama kasus bentrok dan penyerangan wartawan yang dilakukan oleh sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Bulungan, Jakarta, kini giliran mahasiswa.

Ratusan mahasiswa dari dua fakultas Universitas Lampung (Unila) mengalami bentrok selepas kampus tersebut menggelar acara wisuda. Hal tersebut dilaporkan oleh salah satu saksi mata, Sinta Nopriani.

"Selepas acara wisuda Unila, dua kelompok mahasiswa yang diwisuda melakukan konvoi sepeda motor hingga berebut jalan, kemudian entah dari arah mana, ada yang melempari mereka dengan batu, hingga menyebabkan kepala salah satu dari mereka pecah," kata Sinta, saat dihubungi okezone, Rabu (21/9/2011) malam.

Tidak lama kemudian, lanjut Sinta, konvoi sepeda motor tersebut justru balik ke arah kampus.

"Mahasiswa yang konvoi tersebut mengadu ke para senior. Tidak lama setelah itu, langsung terjadi bentrok dan aksi saling lempar batu," beber mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Bandar Lampung.

Kerumunan mahasiswa yang saling serang tersebut, menurut Sinta, baru diketahui berasal dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Mereka saling melempar batu dan baku hantam.

Aksi tersebut, menurut Sinta menyebabkan sekira 20-an mobil yang tengah parkir di kampus hancur dan rusak parah akibat hujan batu dan bentroknya mahasiswa.

"Namun, sampai polisi datang sekira lebih dari satu jam bentrok berlangsung, aku enggak lihat apa ada korban tewas akibat bentrok atau mahasiswa oknum yang dibawa ke kantor polisi," ujar Sinta.

Untuk diketahui, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan sudah mengadakan perundingan damai guna menengahi tawuran tersebut. Peristiwa bentrok tersebut merupakan tawuran terbesar yang terjadi pada tahun ini di Unila.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini