Share

UKM Tari Paramadina Menjelajahi Prancis

Muhammad Saifullah , Okezone · Sabtu 09 Juli 2011 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 09 65 477952 x0H7GJKMJu.jpg (sumber : paramadina.ac.id)

JAKARTA - Sebanyak 21 mahasiswa Universitas Paramadina yang tergabung dalam UKM T-ta (Tari Tradisional) akan berangkat ke benua Eropa pada 26 Juli hingga 17 Agustus 2011 mendatang. Mereka membawa misi kebudayaan Indonesia.

 

"Misi T-ta sekaligus mengirimkan pesan. Tunjukkan pada Eropa pelajaran apa yang didapat dari ujung tenggara Asia, yakni keberagaman yang satu,"ujar Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan saat membuka Farewell & Appreciation Night Goes To France 2011, di Jakarta, Sabtu (9/7/2011) malam.

 

Anies sangat bangga dengan misi T-ta melanglang ke enam tempat di Prancis. Apalagi menghadirkan pula 12 tarian daerah. Yang terpenting lagi, sambung dia, misi mereka bisa membawa pencerahan tentang identitas diri sebuah bangsa pada warga Prancis.

 

Kebanggaan Anies kian bertambah lantaran keberangkatan T-ta bersifat swadaya. Berbekal tekad mereka menjalin kerja sama dengan beberapa pihak kebudayaan di luar negeri. Walhasil, setahun sebelumnya tim T-ta telah menjelajah tanah Polandia pula.

 

"Do your best and make us very proud,"pungkas Anies.

 

Kali ini dengan arahan koreografi R Eri Setiawan serta diiringi musik dari komposer Muhammad Jufri, ke-21 penari siap menggoncang para penonton. Tari-tarian yang mereka bawakan berasal dari Betawi, Maluku, Papua, Bali, Sumatera Barat, Jawa Barat, dan Aceh.

 

Salah satu anggota T-ta Farah Aini Astuti menerangkan, rombongan yang diberangkatkan didadapatkan dari proses audisi yang terdiri dari tes essay tentang tari daerah dan tes kompetensi. Beragam latihan fisik dan koreografi pun dimulai sejak Maret 2011 lalu. "Kami bangga bisa mewakili Indonesia," tandasnya.

 

(opx)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini