Share

6 Perguruan Tinggi Tertua di Jawa Timur, Ini Daftarnya

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 09 Desember 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 65 2724104 6-perguruan-tinggi-tertua-di-jawa-timur-ini-daftarnya-iz9NHD6QvF.jpg Ilustrasi (Foto:Freepik)

JAKARTA- Ada enam perguruan tinggi tertua di Jawa Timur yang masih berdiri hingga saat ini. Beberapa Univeristas tertua ini dapat menjadi opsi untuk melanjutkan pendidikan.

Provinsi Jawa Timur menjadi tempat pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perkuliahan. Dia memiliki perguruan tinggi tertua yang masih aktif dan memiliki jurnalistik terbaik. 

Tercatat sekitar 706 perguruan tinggi di Jawa Timur. Dengan 47 diantaranya merupakan perguruan tinggi negeri.

Nah, berikut adalah enam perguruan tinggi tertua di Jawa Timur dirangkum dari berbagai sumber:

1. Universitas Negeri Jember

Universitas Negeri jember (Unej) berdiri pada tahun 1964 dengan lima fakultas pertama. Setelah puluhan tahun mengemban tugas pendidikan, kini Unej memiliki 15 fakultas unggulan. Unej juga menjadi salah satu kampus paling populer di Jember.

Visi Universitas Negeri Jember adalah “Menjadi Universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi dan seni berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial”. Universitas Negeri Jember sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT hingga tahun 2025.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Universitas Negeri Malang

Kampus tertua di Jawa Timur selanjutnya adalah Universitas Negeri Malang (UM). Universitas Negeri Malang resmi berdiri pada 18 Oktober 1954. Sebelumnya UM lahir dengan nama IKIP Malang.

Kini UM sudah memiliki 8 fakultas dengan 119 program studi. UM juga menyediakan program studi lanjutan pascasarjana. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 810/SK/BAN-PT/AK-SK/PT/IX/2021 UM sudah terakreditasi “Unggul” hingga tahun 2025.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Berdirinya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berawal dari keinginan dr. Angka Nitisastro mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT). Pada 10 November 1961 ITS resmi menjadi perguruan tinggi.

ITS memiliki misi “Memberikan kontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat”. BAN-PT menerbitkan akreditasi A untuk ITS.

4. Universitas Airlangga

Selain sebagai kampus tertua di Jawa Timur, Universitas Airlangga (Unair) juga menjadi tertua di Indonesia. Uniair diresmikan langsung oleh Ir. Soekarno pada 1 November 1954.

Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) berdiri tahun 1913 menjadi tombak berdirinya Unair. Sebagai kampus tertua, Unair memiliki 14 fakultas dengan 43 program studi. BAN-PT menyatakan Unair sudah terakreditasi A.

5. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra (UK Petra) menjadi kampus swasta terbaik di Jawa Timur. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 22 September 1961. Cikal bakal berdirinya UK Petra atas peran Perhimpunan Pendidikan Pengajaran Kristen Petra (PPPK Petra).

Visi UK Petra sebagai kampus tertua adalah “Menjadi universitas yang peduli dan global yang berkomitmen pada nilai-nilai kristiani”. Menurut Keputusan BAN-PT Nomor 323/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018 sudah terakreditasi A.

6. Universitas Airlangga

Sebagai salah satu universitas negeri tertua di Indonesia, Universitas Airlangga (Unair) juga memiliki sejarah panjang sejak masa pendudukan Belanda. Tanggal 2 Januari 1849 menandai berdirinya Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS), sebuah sekolah pendidikan dokter pribumi di Surabaya. Sekolah pendidikan dokter inilah yang menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran Unair.

Kampus Unair sendiri resmi berdiri pada 10 November 1954. Seiring waktu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini telah berkembang pesat dan sekarang menempati tiga lokasi yang berbeda, yaitu kampus Unair A, B, dan C.

Demikian 6 perguruan tinggi tertua di Jawa Timur yang masih berdiri hingga saat ini. Semoga bermanfaat.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini