Share

Siswa SD Ciptakan Alarm Penanda Gempa dari Bahan Limbah

Agus Ismanto, iNews · Selasa 29 November 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 624 2717154 siswa-sd-ciptakan-alarm-penanda-gempa-dari-bahan-limbah-eWb8LqyS0f.jpg Siswa SD di Gresik ciptakan alarm penanda gempa/Agus I

GRESIK - Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang setingkat dengan SD di Gresik ini berhasil membuat alarm penanda terjadinya gempa bumi berbahan barang bekas yang ada di sekitar rumahnya.

Pembuatan perangkat sederhana ini terinspirasi dari peristiwa gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang menelan ratusan korban jiwa.

Alarm penanda gempa ini adalah hasil karya Aqil Al Ghifari, siswa MI Yayasan Kebangkitan Ummat Islam (YKUI) Maskumabang di Desa Dukun, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik.

Meski sederhana, tetapi alarm berbahan baterai, alarm, kayu, dan stik bekas es krim ini mampu berfungsi sebagai penanda terjadinya gempa bumi, karena menghasilkan suara melengking yang memekikkan telinga.

"Inisiatif pembuatan alarm penanda gempa berawal dari keprihatinan saya akan musibah gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang menelan ratusan korban jiwa," pungkas Aqil Al Ghifari.

Perakitan alarm diawali dengan pembuatan damar kurung dengan memanfaatkan kayu dan stik bekas es krim. Fungsi damar kurung ini sebagai alas untuk menempatkan alarm.

Follow Berita Okezone di Google News

Alarm yang sudah dikemas, kemudian dipasang pada dinding rumah saat terjadi guncangan. Maka alarm akan menghasilkan suara melengking sebagai penanda terjadinya gempa bumi.

Menurut Faris Hendro Setiawan, Kepala Sekolah MI YKUI Maskumambang, pembuatan alarm menjadi bagian dari mata pelajaran science yang memberikan kesempatan siswa untuk menuangkan ide-ide kreatifnya.

Meski sederhana, pihak sekolah sangat mengapresiasi kreativitas siswa, karena mampu menghasilkan karya yang bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya.

Pihak sekolah berencana untuk menyempurnakan ide kreatif siswa melalui berbagai pelatihan dan uji coba agar lebih maksimal dan berkualitas.

Pada kesempatan ini, pihak sekolah juga memperagakan cara penyelamatan saat terjadi gempa bumi

Penyelamatan ditandai dengan bersembunyi di bawah meja kemudian mencari tempat terbuka yang aman.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini