Share

Perkuliahan Jalur Cepat Prodi D2 Politeknik Negeri Banjarmasin Telah Dimulai

Antara, · Rabu 31 Agustus 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 65 2657416 perkuliahan-jalur-cepat-prodi-d2-politeknik-negeri-banjarmasin-telah-dimulai-MYMUxIa1b3.jpg Perkuliahan jalur cepat prodi D2 Politeknik Negeri Banjarmasin telah dimulai/Antara

BANJARMASIN - Perkuliahan jalur cepat atau Program Studi D2 Fast Track Politeknik Negeri Banjarmasin di Provinsi Kalimantan Selatan dimulai pada tahun akademik 2022.

"Program studi baru D2 fast track dimulai tahun ini di kampus kita," ujar Direktur Poliban Joni Riadi pada saat pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus Poliban, Senin.

Menurut dia, Prodi yang dibuka adalah D2 Fast Track tata operasi dan pemeliharaan prediktif alat berat.

Dijelaskan Joni, perkuliahan D2 ini hanya tiga semester, yakni, satu semester kuliah di kampus, dua semesternya dikirim ke industri.

"Biasanya kan D2 itu empat semester, tapi di kampus kita tiga semester saja," tuturnya.

Menurut dia, alumni D2 tidak hanya mendapat ijazah resmi dari Poliban, tapi juga dapat sertifikasi dari industri.

Menurut Joni, tidak bisa sembarangan mendapatkan izin membuka D2, karena harus memenuhi tiga unsur, yakni, ada SMK, perguruan tingginya dan industrinya yang berkaitan kerjasama.

Sebagaimana dijelaskan dia sebelumnya, D2 atau jalur cepat ini sebagai kebutuhan bagi siswa atau siswi yang ingin cepat menempuh pendidikan vokasi untuk bisa masuk dunia kerja.

Dikatakan dia, program studi ini merupakan salah satu program vokasi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa sebagai lulusan vokasi.

"Jadi bisa dikatakan seperti ini, mengikuti pendidikan di SMK selama 3 tahun digabungkan dengan selama 3 semester di D2 di politeknik," tuturnya.

Pada tahun akademisi tahun 2022 ini sebanyak 1.212 mahasiswa baru dikukuhkan, yakni, pada 21 Prodi, yakni, satu Prodi D2, 11 Prodi D3 dan 9 Prodi D4.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini