Share

Mahasiswa Banjarmasin Buka Usaha Konversi Motor BBM ke Listrik

Antara, · Minggu 21 Agustus 2022 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 21 65 2651678 mahasiswa-banjarmasin-buka-usaha-konversi-motor-bbm-ke-listrik-SSR7ba53QN.jpg Mahasiswa Banjarmasin buka usaha konversi motor bbm ke listrik/Antara

BANJARMASIN - Mahasiswa di Banjarmasin membuka usaha konversi motor Bahan Bakar Minyak (BBM) ke listrik, bisa untuk semua jenis motor.

"Ini adalah usaha konversi motor listrik pertama di Banjarmasin , bahkan di Kalimantan," ujar pemilik Motor Listrik BJM Anwari Firdaus (26) dikutip Antara, Minggu (21/8/2022).

Bisnis terbaru di Banjarmasin ini, dilakukannya bersama mahasiswa Politeknik Hasnur jurusan Teknik Otomotif, dan sudah mengikat kerja sama berkelanjutan.

"Saat ini kita sudah selesai konversi motor scoopy, jenis matic. Tapi sebenarnya semua jenis motor bisa dikonversi ke listrik," ungkapnya.

Scoopy yang mereka konversi itu kecepatannya diklaim mampu tembus 90km/jam dan jarak tempuh 120 km. "Ini di atas spesifikasi pabrikan motor listrik di Indonesia," ungkapnya.

Konversi ini di tarif mulai harga Rp15 juta. Namun, kata dia, bisa disesuaikan dengan dana yang di punya calon konsumen.

"Kelebihan konversi ini sebenarnya lebih murah dari motor listrik pabrikan, semisal dengan anggaran Rp15 juta, dengan konversi itu bisa dapat spesifikasi lebih baik dibanding Rp15jt beli motor listrik pabrikan. Tapi balik lagi semua kepada kebutuhan," jelasnya.

Dari percontohan tersebut, biaya Rp15 juta untuk konversi motor matic. Maka, kata dia, hasilnya akan setara dengan kemampuan motor listrik pabrikan yang memiliki harga Rp20-30 juta.

"Kita pakai baterai lithium ion, perkiraan umurnya bisa mencapai 5-6 tahun. Dan kita produksi sendiri baterainya (perakitan dan pembentukan baterai)," jelasnya.

Sedangkan untuk kecepatan pengisian daya bervariatif, tergantung jenis charger yang digunakan. "Kalau fast charging sekitar 2-3 jam, dan charger normal 5-6 jam," ujarnya. 

Selain ramah lingkungan, kelebihan motor listrik ini mudah perawatannya dan tidak perlu ganti oli. Kata dia, untuk jarak tempuh dan kecepatan bisa disesuaikan dengan dana yang di punya konsumen.

"Semakin besar anggaran semakin besar spesifikasi yang bisa didapatkan," ujarnya.

Bisnis para anak muda ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Pada Jum'at, (19/08/2022) usaha itu diluncurkan langsung oleh Gubernur, Ketua DPRD, Walikota Banjarmasin, Kepala Kantor Bank Indonesia perwakilan Kalsel, Kepala LLDIKTI XI Kalimantan hingga Direktur Politeknik Hasnur.

Lokasi kantor berada di Jalan S Parman atau di seberang Kodim 1007 Banjarmasin. Bulan depan mereka akan menambah ruangan (showroom) di daerah kota itu.

"Untuk proses pengerjaan konversi kita khususkan di bengkel otomotif Politeknik Hasnur," ujarnya.

Di lokasi itu Anwari juga menjual motor listrik. Motor Listrik BJM yang bernaung di CV Karya Lestari Banua itu terdaftar sebagai dealership resmi untuk tiga brand, yaitu ECGO Bike, BF Goodrich, dan SMOOT.

Ada tujuh type motor yang dijual, misalnya matic, sport dan ada juga motor macho ala jepstyle, semuanya dikabarkan sebagai produk asli Indonesia.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini