Share

5 Tips Tepat untuk Menjadi Mahasiswa Produktif di Kampus, Patut Dicoba

Natalia Bulan, Okezone · Jum'at 19 Agustus 2022 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 624 2650741 5-tips-tepat-untuk-menjadi-mahasiswa-produktif-di-kampus-patut-dicoba-7ng3g6e9OM.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Berikut ini adalah 5 tips tepat untuk menjadi mahasiswa produktif di kampus yang patut kamu coba.

Saat ini sudah masa-masanya mahasiswa baru memulai perkuliahannya dan tentunya karena masih awam dengan dunia baru, maka akan banyak yang bertanya-tanya bagaimana agar bisa menjadi mahasiswa yang produktif.

Untuk menjadi mahasiswa produktif memang tidaklah mudah karena akan dihadapkan dengan berbagai tugas dan kegiatan di kampus.

Tak heran jika banyak mahasiswa yang kerap pusing dan bingung bagaimana bisa mengatur waktu yang baik dan benar namun tetap bisa produktif.

Berikut tips tepat untuk menjadi mahasiswa produkti yang perlu kamu ketahui dan terapkan. Mengutip dari laman Kwik Kian Gie School of Business, simak selengkapnya di sini!

1. Mengatur waktu belajar

Sebagai mahasiswa produktif, tentunya mahasiswa harus pandai mengatur waktu belajar dengan mengisi waktu jeda kelas dengan baik.

Isilah waktu jeda itu dengan hal-hal yang bermanfaat seperti bertukar pikiran tentang materi yang sudah dipelajari di kelas atau dapat berkunjung ke perpustakaan.

2. Merencanakan waktu pengerjaan tugas

Dunia kuliah biasanya memang tidak asing lagi dengan tugas-tugas yang menumpuk. Nah, untuk dapat menyelesaikan semuanya dengan baik, mahasiswa perlu merencanakan waktu pengerjaannya.

Bisa dengan memilah tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu agar tidak terlalu mepet dengan tenggat waktu.

Jika mengerjakan tugas dengan mepet, biasanya akan banyak masalah yang akan muncul dan tidak bisa diatasi karena kehabisan waktu.

Membuat perencanaan pengerjaan tugas bertujuan agar bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya.

3. Abaikan gangguan saat mengerjakan tugas

Fokuslah pada tugas baru melakukan hal-hal lainnya agar dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.

Abaikan dulu hal-hal yang bisa mengganggu mahasiswa mengerjakan tugas seperti hasrat ingin main gadget atau teman-teman malas yang mengajak bermain dan melupakan tugas.

4. Mengatur kegiatan UKM

Dengan mengikuti UKM, mahasiswa berpeluang lebih besar untuk mendapatkan banyak teman serta jaringan hubungan yang lebih luas.

Dalam UKM, nantinya akan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti dan bisa membuat mahasiswa lupa dengan tujuan kuliahnya.

Terlebih biasanya juga kerap memiliki jadwal yang bentrok antara kuliah dan kegiatan UKM.

Maka dari itu ada baiknya untuk mengatur kegiatan UKM agar tugas kuliah juga tidak terbengkalai.

5. Mengatur istirahat

Ini hal yang paling penting. Pasalnya, saat menjadi mahasiswa akan ada banyak kegiatan dan kuliah yang menyebabkan kurangnya waktu beristirahatm.

Sebaiknya kebiasaan bangun pagi harus tetap terjaga, karena dengan bangun pagi, bisa memiliki waktu yang cukup untuk mandi, sarapan, dan bersiap-siap berangkat ke kampus.

Dengan mengatur waktu istirahat, dapat meningkatkan kosentrasi dalam belajar dan produktivitas sebagai mahasiswa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini