Share

6 Tips Konsisten dalam Belajar yang Wajib Dicoba Para Pelajar

Bella Nurmaya, Presma · Jum'at 12 Agustus 2022 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 624 2646715 6-tips-konsisten-dalam-belajar-yang-wajib-dicoba-para-pelajar-FZee8pHIKc.jpg 6 tips agar bisa konsisten dalam belajar/Unsplash

JAKARTA - Berikut ini adalah 6 tips konsisten dalam belajar yang wajib banget dicoba oleh para pelajar.

Belajar seringkali dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Ditambah dengan berkembangnya kecanggihan teknologi, informasi, dan komunikasi di era digital.

Sebenarnya, seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai inovasi baru muncul memberikan dampak yang baik, termasuk dalam dunia pendidikan.

Namun, tak banyak yang menyadari hal itu dan justru malah membuat kita cenderung menghabiskan waktu dengan ponsel, dibanding belajar atau mengulang-ulang materi yang didapat di sekolah maupun di kampus.

Di beberapa kesempatan mungkin kita mendapatkan sebuah motivasi untuk belajar, misalnya saja untuk mendapatkan sekolah atau kampus favorit.

Namun, motivasi itu bisa hilang begitu saja. hal itu menandakan kita tidak memiliki kekonsistenan dalam belajar.

Padahal, konsisten adalah prasyarat untuk berhasil dalam apa pun yang ingin kita kejar.

Simak tips berikut ini untuk membantu kamu mengatasi penundaan, kemalasan, serta meningkatkan konsentrasi dalam rutinitas belajar.

1. Ingat Tujuan Belajar

Sejatinya tiap manusia memiliki keinginan dan impian dalam hidupnya. Keinginan dan impian itu merupakan tujuan belajar yang bisa kamu ingat dan kamu jadikan acuan untuk semangat dalam belajar.

2. Memotivasi Diri

Dengan memotivasi diri, kamu akan lebih semangat dalam belajar karena adanya dorongan dalam dirimu sendiri untuk meraih impian dan keinginanmu.

Untuk memotivasi diri, kamu bisa membuat list keinginan dan impianmu di kertas dan menempelkannya di tempat yang biasa kamu kunjungi dan pandangi, seperti cermin, meja belajar, atau pintu lemari pakaian.

 

3. Buat Jadwal Belajar

Membuat jadwal untuk belajar penting dilakukan untuk membantu kita lebih disiplin dan teratur dalam menentukan waktu belajar.

Kegiatan belajar kita juga akan terorganisir dengan baik dan juga menjadi lebih teratur.

4. Fokus

Saat belajar, sering kali kita memikirkan hal lain yang membuat kita tidak fokus saat belajar.

Untuk mengatasi ini, kamu bisa aktif mengerjakan contoh-contoh soal. Jika terdapat pengajar, kamu bisa aktif bertanya dan menanggapi.

5. Mengevaluasi Diri

Evaluasi diri penting dilakukan untuk menilai pencapaian dari usaha yang telah kamu lakukan.

Dengan mengevalaluasi diri, kamu dapat menyadari kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Dengan memiliki kesadaran untuk mengevaluasi diri, kamu pun bisa membangun kepercayaan diri yang lebih tinggi serta meningkatkan kemampuan dirimu.

6. Positif Thinking

Tetap berpikir positif dan yakin dengan usaha belajar yang telah kamu lakukan. Berilah apresiasi dan semangat kepada dirimu sendiri.

Selalu bersyukur dan jauhkan pikiran-pikiran negatif yang bisa saja muncul dari berbagai faktor ke depannya.

Bella Nurmaya

Persma Ketik Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini