Share

PMI Jakarta Utara Beri Edukasi Kesehatan dan Donor Darah saat Sambangi SMAN 15

Yohannes Tobing, Sindonews · Sabtu 18 Juni 2022 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 624 2613757 pmi-jakarta-utara-beri-edukasi-kesehatan-dan-donor-darah-saat-sambangi-sman-15-OJwyLvIEAu.jpg PMI Kota Jakarta Utara sambangi SMAN 15/Yohannes Tobing

JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara menggelar edukasi kesehatan dan donor darah di SMAN 15 Jakarta, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok.

Edukasi tersebut diikuti oleh 456 iswa, 42 guru dan sejumlah tenaga kependidikan.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Jakarta Utara, Pierlita Rini menjelaskan acara ini digelar dengan tujuan memberikan pemahaman tentang kesehatan dan donor darah yang selama ini belum banyak masyarakat memahamo teknis dan manfaat donor darah bagi manusia.

"Kita coba paparkan tahapan mulai dari proses pengambilan, pengolahan hingga pemilahan darah hasil donor kepada siswa. Lalu bagaimana alur distribusi dan kebutuhan darah di DKI Jakarta," kata Pierlita Rini saat dikonfirmasi pada Jumat (17/6/2022).

Pierlita juga menjelaskan bahwa kegiatan ini menerangkan efek kesehatan donor darah bagi tubuh. Secara medis, donor darah akan berdampak terhadap kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah dan meminimalisir potensi hipertensi.

“Nyatanya secara medis donor darah sangat baik bagi tubuh. Itu yang kami sampaikan kepada peserta agar mereka mau dan lebih sering berdonor darah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 15 Jakarta, Retno Widiastuti mengapresiasi kehadiran PMI Kota Jakarta Utara yang menanggapi permohonannya untuk menggelar edukasi kesehatan dan donor darah di SMAN 15 Jakarta.

Rencananya, kegiatan ini digelar di sekolah lainnya secara berkesinambungan.

“Rencananya kita akan gelar di awal Juli 2022 nanti. Pastinya juga melibatkan para alumni,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini