Share

Viral Profesor Harvard Medical School Sebut Sering di Jogja, Ternyata Ini Sosoknya

Natalia Bulan, Okezone · Jum'at 27 Mei 2022 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 65 2601400 viral-profesor-harvard-medical-school-sebut-sering-di-jogja-ternyata-ini-sosoknya-vfZLAsXmlK.jpg Viral Profesor Harvard Medical School sebut sering ke Jogja/Instagram/@erickthohir

JAKARTA - Baru-baru ini unggahan video Instagram milik Menteri BUMN Erick Thohir menjadi perbincangan warganet.

Bagaimana tidak, dalam video tersebut Erick Thohir yang sedang berada di Amerika Serikat berkesempatan bertemu dengan mahasiswa Indonesia program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di sana.

Tak hanya para mahasiswa yang kuliah di luar negeri tersebut yang menarik perhatian warganet.

Sosok lain yang ada di dalam video tersebut juga menjadi perbincangan, dia adalah seorang bule yang ternyata adalah Profesor di Harvard Medical School.

Hal yang menarik adalah, saat Erick Thohir menyapanya, sang profesor bisa menjawabnya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang begitu lancar.

Sang profesor ini pun juga mengaku bahwa dirinya cukup sering ke Yogyakarta.

"Profesor dari Harvard Medical School sering di Jogja," ungkap sang profesor.

Berdasarkan penulusuran Okezone, profesor tersebut bernama Byron Joseph Good yang merupakan seorang antropolog medis Amerika yang mempelajari penyakit mental.

Dia saat ini di fakultas Harvard University dan merupakan Profesor Antropologi Medis di Harvard Medical School serta Profesor Antropologi Budaya di Departemen Antropologi.

Profesor Byron Joseph Good PhD telah banyak berkontribusi terutama di bidang antropologi psikologis dan tulisannya telah mengeksplorasi makna budaya penyakit metal, narasi pasien tentang penyakit, perspektif epistemik biomedis, dan pengobatannya terhadap pengetahuan medis non-barat serta perkembangan komparatif kesehatan mental.

Ia telah melakukan banyak penelitian di berbagai negara salah satunya di Indonesia, Iran, dan Amerika Serikat.

Di Harvard, Byron Joseph Good adalah salah satu direktur Program Pelatihan Kesehatan Mental Internasional, sebuah program yang didanai oleh Fogarty International Center.

Dia juga memimpin Institut Nasional Program Pelatihan Kesehatan Mental dalam Budaya dan Kesehatan Mental, di Harvard University, sebuah program pascadoktoral ketika psikiater dan antropolog medis telah dilatih dalam merek yang berorientasi mendalam, sadar budaya, dan berpusat pada makna.

Good menjabat sebagai kepala Departemen Kesehatan Global dan Kedokteran Sosial Harvard Medical School dari tahun 2000 hingga 2006.

Dari tahun 1986 hingga 2004 Byron Good menjabat sebagai pemimpin redaksi jurnal internasional Culture, Medicine and Psychiatry.

Pada 2013-2015 Good menjabat sebagai Presiden Society for Psychological Anthropology. Good menyampaikan Marett Memorial Lecture 2010 di Oxford University.

Good melakukan penelitian dan kajian perkembangan layanan kesehatan mental di berbagai budaya dan terutama di Indonesia.

Ia melakukan penelitian dan pengajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) selama dua dekade terakhir.

Dia adalah peneliti utama dan co-director International Pilot Study of Onset of Skizofrenia, yang merupakan proyek penelitian multi-situs yang meneliti aspek sosial dan budaya dari fase awal penyakit psikotik dalam berbagai konteks budaya.

Good dan istrinya, Mary-Jo DelVecchio Good, juga telah bekerja sama dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi dalam mengembangkan layanan kesehatan mental di Aceh, sebuah wilayah saat konflik bersenjata dan tsunami Samudra Hindia 2004 memiliki efek psikologis jangka panjang pada para penyintas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini