Share

6 Institut Seni Terbaik di Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 21 Mei 2022 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 65 2598011 6-institut-seni-terbaik-di-indonesia-ini-daftar-lengkapnya-wrLLUlAXfQ.jpg Ilustrasi (Foto: ISI Denpasar)

JAKARTA - Sebanyak 6 institut seni terbaik di Indonesia yang bisa dipilih para calon mahasiswa.

Seni dan budaya bisa menjadi salah bidang yang didalami para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Bagi mereka yang menyukai dan memilih bidang ini, Indonesia memiliki banyak institut yang bisa menjadi pilihan.

Ā Beberapa insitut seni di tanah air menyandang predikat perguruan tinggi negeri sehingga mereka yang ingin menempuh pendidikan di sana bisa masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Berikut daftar 6 institut seni terbaik di Indonesia yang dirangkum Okezone:

1. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua

Ā ISBI Tanah Papua diresmikan bersamaan dengan ISBI Aceh dan ISBI Bandung. Sama halnya dengan ISBI Aceh, ISBI Tanah Papua merupakan satu-satunya perguruan tinggi seni di bagian timur Indonesia. Papua dinilai sangat kaya akan potensi seni dan budaya serta memiliki karakteristik tersendiri. Jadi, kalau kamu mendaftar sebagai mahasiswa di kampus ini tentu akan banyak sekali seni budaya yang dapat digali.

2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta berdiri sejak 23 Juli 1984. Kampus ini menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang D3, D4, S1, S2 hingga S3. Kampus yang memiliki visi menjadi pelopor perguruan tinggi seni ini memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan, dan Fakultas Seni Media Rekam.

Beberapa program studi yang ditawarkan pun agak berbeda dengan kampus seni lain, cek ke laman websitenya untuk informasi lebih lengkapnya.

3. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

ISI Surakarta atau ada juga yang menyebutnya ISI Solo merupakan salah satu institut seni negeri lain yang ada di Indonesia. ISI Surakarta memiliki dua kampus yang masing-masing terletak di Kentingan dan Mojosongo.

Ā Kampus Kentingan untuk Fakultas Seni Pertunjukan, sedangkan Kampus Mojosongo untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Fakultas Seni Media Rekam. Untuk lebih mengenal kampus yang terletak di Kota Budaya ini bisa langsung melipir ke website resminya.

4. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

Selanjutnya, ada ISI Denpasar yang tentunya terletak di Bali. Karena terletak di Bali maka mahasiswanya pun bisa kuliah sambil mengeksplorasi keindahan Bali. Setelah didirikan pada 28 Juli 2003, beberapa program studi dari kampus ini sudah terakreditasi A.

Denpasar juga memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Pertunjukan Seni, juga Fakultas Seni Rupa dan Desain. Baca juga: Dana BOS Lebih Efektif, Nadiem: Sudah Tak Ada Lagi Istilah Talang-talangan

5. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh

ISBI Aceh terletak di Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Saat ini ISBI Aceh merupakan satu-satunya PTN seni budaya Aceh di Sumatera. Dengan dua fakultas yang dimilikinya, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISBI Aceh sudah memiliki enam program studi yang ditawarkan.

Kampus ini tergolong masih muda karena baru diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014. Namun, tak kalah dengan kampus seni lainnya, mahasiswa ISBI Aceh juga telah banyak menuai prestasi.

6. Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang

Kampus ini berlokasi di kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Awalnya bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), lalu berubah menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) pada 1 Januari 2010 sesuai Perpres RI Nomor 60 Tahun 2009.Ā 

Beberapa penghargaan telah diterima oleh kampus ini. Kampus ini memiliki dua fakultas yang terdiri dari beberapa program studi. Ada Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini