Share

Bisnis-Bisnis Paling Mudah yang Bisa Dilakukan Mahasiswa, Apa Saja?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 22 Mei 2022 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 65 2596602 bisnis-bisnis-paling-mudah-yang-bisa-dilakukan-mahasiswa-apa-saja-4888qZvFZj.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Membuka usaha atau bisnis bisa dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Usaha yang dirintis itu dapat menjadi sumber penghasilan utama maupun sumber penghasilan cadangan bagi setiap orang.

Tak jarang kegiatan ini pun banyak digandrungi oleh para mahasiswa karena penghasilan yang diperoleh bisa menambah uang jajan ataupun untuk membiayai kuliah. Berikut merupakan bisnis yang paling mudah yang bisa dilakukan mahasiswa.


•Jual Pakaian Bekas 

Minat orang terhadap pakaian bekas dengan merek ternama masih cukup baik. Hal ini antara lain dibuktikan dengan bermunculannya penjual pakaian bekas pakai milik pribadi atau yang lebih dikenal dengan preloved, juga masih beroperasinya pasar yang menjual pakaian bekas layak pakai seperti Pasar Senen di Jakarta atau Pasar Gedebage di Bandung.

Mahasiswa yang akan merintis usaha jual beli pakaian bekas bisa membelinya langsung di Pasar Senen atau tempat-tempat supplier baju preloved. Dengan membeli di Pasar Senen ataupun di supplier bisa mendapatkan harga yang lebih murah sehingga bisa memperoleh keuntungan dari margin yang lumayan besar. 

Berjualan barang bekas bisa dilakukan secara online di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Bisa juga dilakukan secara langsung dengan membuka booth di tempat-tempat ramai pengunjung.

•Jualan Makanan Ringan

Bisnis menjual makanan ringan bisa menjadi pilihan terlebih bila menjualnya secara langsung kepada teman-teman sekelas maupun teman di luar kelas. Cara menjual makanan ringan ini bisa dilakukan dengan membeli snack dalam ukuran kiloan lalu membaginya menjadi beberapa bungkus kecil, dengan harga yang pas di kantong mahasiswa.

Tentunya harga tersebut sudah dipertimbangkan agar penjual mendapatkan keuntungan. Berjualan makanan ringan ini juga bisa dilakukan di online seperti di Shopee, Tokopedia, atau Lazada.

•Jasa Print dan Pengetikan

Saat menjalani perkuliahan, biasanya banyak materi yang perlu dicetak. Nah, bisnis ini bisa menjadi ladang untuk para mahasiswa yang memiliki printer di rumahnya. Mahasiswa yang menggunakan jasa print di teman umumnya karena alasan menghemat waktu atau dalam kondisi mendesak dan tak memiliki perangkat cetak.

Sama halnya dengan jasa print, jasa pengetikan pun bisa dirintis oleh mahasiswa yang ingin berbisnis. Tak sedikit mahasiswa yang membutuhkan bantuan untuk mengetik atau sekadar merapikan berbagai materi yang berantakan.

•Jasa Desain

Saat ini jasa desain sangat diperlukan dan menjadi kebutuhan banyak orang. Khusus untuk mahasiswa yang terampil dalam memakai berbagai software desain, bisnis ini sangat cocok untuk dilakukan. Nantinya para pengguna jasa atau klien akan berdatangan untuk minta dibuatkan berbagai desain seperti ilustrasi vektor, desain web, edit foto, desain kaos, maupun jasa desain lainnya.

Bisnis ini bisa dirintis dengan cara mempromosikan karya yang pernah dibuat lalu mengunggahnya di media sosial seperti Instagram, dan Twitter.

•Jasa Foto dan video

Keperluan foto dan video yang estetik saat ini dibutuhkan oleh berbagai pihak. Pasalnya foto maupun video tersebut bisa menjadi sebuah promosi untuk produk usaha atau bahkan untuk acara pernikahan. Untuk bisa melakukan bisnis ini diperlukan kamera, laptop dan skill yang mumpuni dalam hal penggunaan aplikasi editing video maupun foto.

Mahasiswa yang ingin menjual jasa foto maupun video tentu harus memperlihatka  karya atau portofolio yang pernah dipotret maupun dieditnya. Hal itu untuk meyakinkan calon klien bahwa hasil foto dan video yang dikerjakannya begitu menarik.

*Dilansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini