Share

Pandemi Covid-19, SMK di Jakarta Mulai Gunakan Metode Cashless untuk Pembayaran

Zahra Larasati , Okezone · Selasa 17 Mei 2022 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 624 2595665 pandemi-covid-19-smk-di-jakarta-mulai-gunakan-metode-cashless-untuk-pembayaran-SH8N3NMeQo.jpg Foto: dok SMK PGRI 1 Jakarta

JAKARTA - Perkembangan teknologi semakin mempermudah berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang keuangan pendidikan. Sebelumnya, para wali murid harus datang ke sekolah dan mengurus administrasi secara manual, sekarang semuanya bisa dilakukan secara virtual atau melalui jarak jauh.

(Baca juga: Inspiratif, Siswa SMK di Pemalang Kumpulan Uang Jajan Lalu Bagikan Sembako Gratis untuk Warga)

Seperti melakukan pembayaran administrasi sekolah dengan metode cashless atau non tunai. Dengan demikian, kontak fisik secara langsung pun dapat dihindari sebagai upaya meminimalisir penularan virus di masa pandemi Covid-19. Salah satunya yang dilakukan SMK PGRI 1 Jakarta.

Pembina SMK PGRI 1 Jakarta H. Farhan Fitrian mengatakan, dimulainya metode pembayaran cashless dengan Virtual Account (VA) ini merupakan salah satu program inovasi dalam bidang keuangan sekolah.

“Program ini diselenggarakan dalam pembayaran SPP dan PPDB Tahun 2022/2023. Selain itu, program ini mendapat sambutan yang baik dari pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta yakni Bapak Purwo Susilo M.Pd,” ujarnya saat sosialisasi administrasi keuangan dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), Selasa (17/5/2022).

Menurutnya, metode pembayaran cashless memberikan berbagai keuntungan seperti mempermudah para orangtua murid karena tak harus datang ke sekolah dan mengantri di loket atau kasir pembayaran.

“Selain itu, metode pembayaran secara cashless ini juga dilakukan dari mana saja dan kapan saja, tidak perlu lagi datang ke sekolah,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan acara sosialisasi tersebut sekaligus menjadi momen halalbihalal keluarga besar SMK PGRI 1 Jakarta dengan para wali murid dan beberapa tamu undangan sebagai peresmian pembukaan pembelajaran tatap muka.

“Acara ini juga menjadi momentum transisi dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) ke pertemuan tatap muka (PTM) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Farhan menginformasikan bahwa saat ini Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah-sekolah di Jakarta telah dibuka.

“Bagi para orangtua dan calon murid sudah bisa mendaftar dan PPDB ini dibuka hingga Juli 2022 mendatang,” tutup Farhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini