Share

5 Dampak Gempa Bumi, Salah Satunya Muncul Wabah Penyakit

Tim Okezone, Okezone · Senin 04 April 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 65 2572752 5-dampak-gempa-bumi-salah-satunya-muncul-wabah-penyakit-GJ6txJHyIF.jpg Gempa bumi. (Foto: Ilustrasi/Dok Okezone.com)

JAKARTA - Fenomena alam akibat dari adanya gempa bumi belum banyak diketahui oleh orang banyak. Saat ini, Indonesia memang menjadi negara yang rawan gempa bumi dan tsunami karena berada di wilayah 'ring of fire'. Ini artinya Indonesia dikelilingi gunung berapi aktif yang memicu gempa dan tsunami.

Besarnya kekuatan gempa bumi ini dapat diukur dengan alat yang disebut seismograf atau bisa juga disebut dengan seismometer. Dari skala ukuran gempa ini bisa memprediksi efek yang akan terjadi.

Berikut akibat dari adanya gempa bumi:

1. Tanah Longsor

Gempa Bumi dapat menyebabkan pergerakan bukit dan gunung yang tidak stabil yang menyebabkan tanah longsor. Tanah longsor dapat merusak properti dan melukai orang karena tanah bergerak bergerak menuruni permukaan yang landai .

Bumi yang memiliki pasir, batu atau bahan lainnya, ini mampu bergerak karena tarikan gravitasi. Dengan demikian, material tersebut bisa merusak properti dan menutupi area yang luas dengan pasir.

2. Efek Geologis

Gempa Bumi bisa mempengaruhi daratan dengan beberapa cara. Saat terjadi gempa, gempa tersebut mengguncang tanah dan menyebabkan struktur berguncang.

Baca juga:ย 74 Kali Rentetan Gempa Guncang Soropia Sulteng sejak 25 Maret 2022

Bila sebuah struktur sudah tua atau belum dibangun dengan benar untuk menahan kekuatan gempa bumi, ia bisa runtuh, menyebabkan kerusakan pada bangunan di sekitarnya.

3. Tsunami

Tsunami adalah hasil dari gempa Bumi dan bisa menjadi salah satu akibat paling mematikan dari gangguan geologis. Tsunami adalah gelombang besar yang tercipta saat gempa terjadi di laut.

Peletakan lempeng dan gerakan menyebabkan gelombang besar yang membangun momentum dan ukuran saat mencapai massa tanah. Gelombang besar ini, setinggi 100 kaki bisa menerpa bangunan, struktur dan menyebabkan kerusakan mil.

Banyak orang menjadi tunawisma atau kehilangan keluarga dan teman-teman dalam banjir akibat tsunami yang dahsyat.

4. Terjadi kebakaran

Kerusakan โ€“ kerusakan bangunan tersebut dapat mengakibatkan aliran listrik terputus atau kebocoran pipa dan tabung gas sehingga menyebabkan ledakan. Aliran listrik yang terputus secara tiba โ€“ tiba dan ledakan tabung dan pipa gas tersebut dapat menimbulkan kebakaran.

5. Menghadirkan wabah penyakit

Akibat dari adanya gempa bumi yakni memunculkan wabah penyakit yang muncul ketika gempa yang terjadi telah merusak semua fasilitas yang ada. Sehingga mengakibatkan sulitnya air bersih karena terjadi pencemaran air atau saluran โ€“ saluran air yang rusak, sanitasi yang buruk, dan kebersihan yang tidak terjaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini