Share

Apa yang Membuat Manusia Dapat Berprestasi? Di Antaranya 3 Hal Ini

Rina Anggraeni, Sindonews · Kamis 31 Maret 2022 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 65 2570798 apa-yang-membuat-manusia-dapat-berprestasi-di-antaranya-3-hal-ini-JFCunxEtDC.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA- Pernyataan apa yang membuat manusia dapat berprestasi? Salah satunya adalah, motivasi yang melandasi manusia ingin mencapai prestasi.

Motivasi menjadikan seseorang berusaha meningkatkan hasil kerja yang ingin dicapai. Usaha ini akan terus dilakukan sampai mendapatkan apa yang diinginkan.

Timbulnya motivasi karena adanya kebutuhan yang ingin dimiliki.Kebutuhan yang dimaksud berupa psikologis untuk memenuhi kepuasan fisik seperti makan, minum, oksigen dan sebagainya serta kebutuhan sosial psikologis untuk memenuhi kepuasan sosial seperti:penghargaan, pujian, rasa aman dan sebagainya.

Selain itu apa yang membuat manusia dapat berprestasi?. Jawabannya adalah timbulnya motivasi yang dipengaruhi oleh lingkungan individu itu berada. Motivasi memberi arah dan tujuan kepada tingkah laku individu.

Contohnya faktor penting dalam mencapai prestasi, baik prestasi akademik maupun dalam bidang lain. Motivasi lebih dekat pada kemauan melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan. Salah satu jenis motivasi yang dipandang mempunyai peranan dalam perilaku kerja individu adalah motivasi berprestasi.

Salah satu faktor yang mendorong timbulnya motivasi pada diri seseorang adalah adanya kebutuhan berprestasi. Kebutuhan ini meliputi keinginan untukmencapai kesuksesan, mengatasi rintangan, menyelesaikan sesuatu yang sulit dan keinginan untuk dapat melebihi dari orang lain.

Dalam meraih kesuksesan dibutuhkan kerja keras dan berusaha semaksimal mungkin menghindari kegagalan.

Berikut apa yang membuat manusia dapat berprestasi? Berdasarkan karakteristik:

1. Karakter penuh tantangan

Karakter ini masuk individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih menyukai terlibat dalam situasi di mana ada resiko gagal. Atau lebih menyukai keberhasilan yang penuh dengan tantangan. Sebaliknya individu yang memiliki motivasi berprestasi rendah cenderung memilih tugas-tugas yang memiliki peluang besar untuk berhasil atau yang tidak mungkin berhasil. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa kecemasan.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Kepuasaan instrinsik

Faktor kunci yang memotivasi individu berprestasi tinggi adalah kepuasan instrinsik dan keberhasilan itu sendiri, bukan pada ganjaran ekstrinsik seperti uang, kedudukan.

3. Punya pendirian

Individu yang memliki motivasi berprestasi tinggi cenderung membuat pilihan atau tindakan yang realistis dalam menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai dengan kemampuannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini