Share

Pakar Teknologi UMB: Robotika Pendukung Revolusi Industri 4.0

Antara, · Jum'at 25 Maret 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 65 2567806 pakar-teknologi-umb-robotika-pendukung-revolusi-industri-4-0-pg7Y0HFzxI.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pakar teknologi dari Universitas Mercu Buana (UMB) Andi Adriansyah menyebut, saat ini, robotika mendukung sistem teknologi yang berbasis pada revolusi industri 4.0.

(Baca juga: Kenalan dengan 5 Tim Robotika Kampus Keren).

“Penelitian mengenai robotika ini harus terus digalakkan, karena mendukung sistem teknologi berbasis revolusi industri 4.0. Juga mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan ekosistem digital nasional,” ujar Andi Jumat, (25/3/2022).

(Baca juga: Bikin Bangga! ITS Raih Grand Prix di Kompetisi Robotika Dunia)

Saat ini kata dia, berbagai macam robot telah berhasil diciptakan untuk membantu dan memudahkan kehidupan manusia. Bahkan Kerajaan Arab Saudi memberikan kewarganegaraan kepada robot Bernama Sophia. Sophia adalah robot humanoid yang dapat berpikir dan berperilaku layaknya seorang manusia.

Dia menambahkan robot berbasis perilaku atau Behavior Based Control Architecture membagi fungsi robot dalam beberapa perilaku, yang mana perilaku tersebut dihubungkan dengan beberapa sensor yang ada.

“Sejatinya, prinsip teknologi robotika diilhami dari prinsip kehidupan manusia. Manusia beraktivitas berdasarkan prinsip merasakan, berpikir dan bertindak,” pungkasnya.

Andi merupakan salah satu guru besar terbaru yang dimiliki oleh Fakultas Teknik UMB yang memiliki perhatian khusus pada bidang penelitian robot berbasis perilaku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini