Share

10 Tips yang Bisa Diikuti Mahasiswa Agar Sukses Magang, Simak Apa Saja

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Rabu 09 Maret 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 65 2558381 10-tips-yang-bisa-diikuti-mahasiswa-agar-sukses-magang-simak-apa-saja-ncxlZqHRS1.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Magang bisa memberi pengalaman penting bagi para mahasiswa terutama terkait suasana dan dinamika dunia kerja. Namun, untuk diterima bekerja magang mahasiswa biasanya harus melalui persaingan ketat mengingat banyaknya peminat yang juga ingin mendapatkan pengalaman tersebut.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek yang memberi mahasiswa kesempatan untuk belajar di luar program studinya, membuat peluang mahasiswa untuk magang semakin terbuka.

BACA JUGA: Mahasiswa Magang Akan Terima Rp1,2 Juta Setiap Bulan

Selain bisa melamar magang di berbagai perusahaan swasta, mulai dari perusahaan nasional, multinasional ataupun startup, mahasiswa juga bisa melamar di berbagai instansi pemerintah, termasuk kementerian atau kantor-kantor pemerintah daerah.

Sebelum magang, ada sejumlah hal yang mesti disiapkan mulai dari persiapan untuk melamar hingga bagaimana sikap yang harus dimiliki ketika menjalaninya. Melansir dari laman Ruangguru, berikut ini 10 persiapan magang yang penting diketahui mahasiswa.

1. Surat Lamaran dan CV

Ingin magang di suatu tempat tentunya harus mengirimkan surat lamaran dan curriculum vitae (CV). Dengan mengirimkan surat lamaran dan CV, recruiter akan tahu siapa kandidat yang hendak belajar di perusahaan mereka dan seperti apa latar belakangnya. Oleh karena itu, susunlah surat lamaran dan CV yang “menjual diri” kamu dan bikin perusahaan tertarik.

BACA JUGA: Mengenal Kampus Merdeka dan Program Yang Bisa Dipilih Mahasiswa

2. Cari informasi magang di perusahaan incaran sesuai divisi yang diinginkan

Segera cari informasi perusahaan dan divisi yang membuka lowongan magang sesuai incaran. Kalian bisa memanfaatkan berbagai situs pencarian kerja. Selain itu, juga bisa cek melalui kontak perusahaan yang diincar. Jangan lupa untuk memilih perusahaan yang kredibel dan divisi yang sesuai dengan jurusan. Jika kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, bisa masuk ke divisi marketing atau content production. Sesuaikan saja dengan apa yang ingin didalami pada teori perkuliahan.

3. Persiapkan finansial

Finansial juga harus siap untuk mendukung keperluan magang. Apalagi jika memilih magang di perusahaan yang berlokasi di luar kota, maka perlu biaya tambahan kehidupan sehari-hari, seperti tempat tinggal, transportasi, dan makan. Meski demikian, kalian juga bisa mencari perusahaan yang memberikan gaji ke anak magang untuk tambahan.

4. Perlengkapan belajar saat magang

Alat tulis, laptop, buku, jadi beberapa hal yang dibutuhkan ketika magang. Barang-barang tersebut akan menunjang kinerja selama magang.

5. Persiapan mental dan fisik

Fisik dan mental harus dalam kondisi maksimal ketika magang. Mahasiswa pun harus ingat bahwa dunia kerja dan kuliah sangat berbeda. Salah satunya adalah soal kehadiran.

Saat di dunia perkuliahan, ketika tidak masuk kuliah, maka tidak ada yang mempermasalahkan. Tidak ada penilaian performa terkait kehadiran, kecuali mungkin syarat untuk mengikuti ujian semester. Sementara di dunia kerja, kalian harus senantiasa hadir untuk menunjukkan performa dan tanggung jawab terhadap pekerjaan.

6. Kehadiran dan disiplin

Jangan sia-siakan kesempatan bila sudah diterima magang di perusahaan impian. Kehadiran dan kedisiplinan menjadi poin penting yang akan perusahaan catat. Pastikan datang tepat waktu dan selalu izin jika tidak berangkat ke kantor. Fokuslah untuk hadir ke kantor dan menyelesaikan masa magang dengan baik.

7. Kerja keras

Jika sudah berkomitmen magang, kalian juga harus siap bekerja keras. Kerjakan tugas di kantor dan lakukan dengan baik meski seremeh apapun. Pekerjaan besar atau kecil tetap harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

8. Tawarkan bantuan kepada senior atau rekan kerja

Jangan segan untuk menawarkan bantuan kepada rekan kerja, atau bahkan senior. Meski bukan bagian job desk, rekan kerja akan dengan senang hati menerima bantuanmu.

9. Tanggung jawab

Pekerjaan para pemagang akan selalu diawasi oleh seorang mentor. Oleh karena itu, kalian harus bertanggung jawab dengan setiap pekerjaan. Selalu selesaikan pekerjaan sebelum tenggang waktu tiba.

10. Pakaian yang cocok

Pastikan untuk berpenampilan dan memakai pakaian yang cocok dengan budaya kerja perusahaan.

Meski saat ini, banyak perusahaan yang memperbolehkan karyawan atau anak magang memakai kaos, penampilan kita tetap tidak boleh sembrono dan harus rapi.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini