Share

Jurusan-Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK, dari Broadcasting hingga DKV!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 28 Februari 2022 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 624 2552308 jurusan-jurusan-kuliah-yang-cocok-untuk-lulusan-smk-dari-broadcasting-hingga-dkv-B68YftogqN.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sering dianggap tidak memiliki kesempatan yang luas untuk memilih jurusan kuliah. Padahal, ada beragam jurusan kuliah yang justru linier dengan jurusan yang ditempuh semasa sekolah di SMK.

Ditambah lagi, lulusan SMK sudah lebih dulu mengenal jurusan tersebut dibandikan siswa SMA. Hal ini tentu menjadi keunggulan siswa SMK. Berikut beberapa jurusan kuliah untuk lulusan SMK.

• Penyiaran (Broadcasting)

Beberapa SMK saat ini sudah menyediakan jurusan penyiaran. Jurusan ini mempelajari tentang teori dan praktik dalam menciptakan program yang dapat disiarkan melalui media massa seperti televisi. Karena itu, jurusan ini sangat tepat bagi lulusan SMK penyiaran.

Meski jurusan ini tidak mengharuskan calon mahasiswanya berasal dari jurusan yang sama, dibutuhkan portofolio akademik untuk memasuki jurusan penyiaran. Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan penyiaran adalah Universitas Pajajaran dan Universitas Indonesia.

• Akuntansi

Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang bisa dipilih olehh lulusan SMK. Terutama, lulusan SMK jurusan akuntansi. Dasar ilmu yang dipelajari di SMK akan sangat terpakai untuk menempuh kuliah di jurusan akuntansi. Di perkuliahan, siswa akan lebih memperdalam ilmu pembukuan, debit-kredit, pasar modal dan efeknya.

Tak hanya dikhususkan bagi lulusan SMK akuntansi, jurusan ini sangat terbuka bagi para calon mahasiswa lulusan SMK dari jurusan lain. Beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jurusan ini adalah Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, dan Universitas Airlangga.

• Pariwisata

Jurusan pariwisata sangat cocok untuk para lulusan SMK dengan peminatan pariwisata. Lulusan SMK jurusan lainnya dapat memilih jurusan ini. Di jurusan ini, siswa akan mempelajari mengenai manajemen destinasi wisata, manajemen tour and travel, hingga perhotelan.

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini ialah Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, dan Politeknik Negeri Bali. Prospek kerja dari lulusan ini ialah menjadi tour guide dan manajer tempat wisata.

• Tata Busana

Bagi lulusan SMK jurusan tata busana, maka kuliah di jurusan yang sama merupakan pilihan tepat. Karena telah memiliki dasar pengetahuan tata busana, maka saat memperdalam ilmu mengenai tata busana di kampus tidak akan menemui kesulitan. Jurusan ini juga terbuka untuk lulusan SMK dari jurusan lainnya, namun salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah tidak buta warna.

Selain akan memperdalam teknik mendesain, di jurusan ini siswa juga akan diajarkan tentang cara memproduksi busana dan mempelajari pola dan jahitan busana. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Negeri Malang.

• Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin merupakan pilihan yang cocok bagi lulusan SMK jurusan yang sama. Di perguruan tinggi, siswa akan lebih mendalami seluk-beluk bidang permesinan. Selain itu, dipelajari pula mengenai cara pemeliharaan mesin, teknik produksi mesin, dan perancangan mesin. Sama halnya dengan persyaratan jurusan tata busana, calon mahasiswa jurusan teknik mesin juga tidak boleh buta warna.

Kampus yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Surabaya, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Prospek kerja jurusan ini di antaranya perancang dan teknisi mesin, teknisi operator pabrik dan system analyst.

• Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan desain komunikasi visual saat ini banyak tersedia di beberapa SMK. Di kampus, lulusan SMK DKV akan memperdalam ilmu yang diperolehnya semasa sekolah. Beberapa hal yang dipelajari di jurusan ini adalah mengenai elemen visual yang cocok sebagai media penyampaian pesan, juga konsep komunikasi.

Mahasiswa jurusan desain komunikasi dan visual ini nantinya harus mampu mengolah pesan menjadi informasi yang menarik, informatif, dan komunikatif. Perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini adalah Institut Seni Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Sepuluh November. Prospek kerja bagi lulusan ini adalah desainer grafis, ilustrator, dan animator.

*Melansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini