Share

3 Tokoh yang Memiliki Kampus dengan Namanya Sendiri, Siapa Saja?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 25 Desember 2021 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 65 2521399 3-tokoh-yang-memiliki-kampus-dengan-namanya-sendiri-siapa-saja-CA8uZosF0B.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Sukses dalam dunia bisnis memang tidak selamanya memberikan kepuasan kepada setiap orang. Terkadang kesuksesan dalam berbisnis menimbulkan pemikiran baru bagi para pengusaha untuk membangun lembaga pendidikan.

Hal itu guna mencetak generasi emas yang unggul. Maka tak heran jika banyak pengusaha yang juga terjun di bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah ataupun perguruan tinggi.

Berikut 3 tokoh yang mendirikan perguruan tinggi dengan nama seperti namanya sendiri.


Baca juga: Mau Kuliah di Korsel Gratis, Cek Detail Beasiswa KAIST Disini


Baca juga:  5 Kisah Santri yang Sukses, dari Penulis Novel hingga Guru Besar di Amerika

1. Ciputra

Ciputra merupakan pengusaha yang memiliki bisnis properti seperti Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Pria bernama asli Tjie Tjin Hoan tidak hanya berkecimpung dalam dunia bisnis. Pada tahun 2006 ia mendirikan sebuah universitas di Surabaya, Jawa Timur bernama Universitas Ciputra.

Universitas ini berfokus mencetak entrepreneur masa depan yang menerapkan kurikulum berbasis kewirausahaan dengan menyertakan sistem pembelajaran Problem and Project Based Learning (PBL).

2. Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie, seorang pebisnis dan politikus tersohor di Indonesia. Pria kelahiran 1946 ini tercatat menjadi pendiri Universitas Bakrie (UB) yang terletak di Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Universitas ini berdiri pada 2009 dengan misi sebagai Campus of Technopreneur.

Universitas Bakrie adalah universitas swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bakrie (YPB). YPB didirikan oleh keluarga Bakrie dengan fokus kegiatan di bidang pendidikan. Kini, Universitas Bakrie dikelola oleh Nirwan Dermawan Bakrie, adik kandung Aburizal Bakrie.

3. Tanri Abeng

Siapa yang tak mengenal sosok satu ini. Tanri Abeng merupakan mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan Reformasi Pembangunan. Selain itu, ia juga dikenal sebagai CEO OSO Group, menggantikan Oesman Sapta Odang.

OSO Group sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, transportasi, properti, dan hotel. Di tengah kariernya yang melejit, nama Tanri Abeng dipajang pada universitas yang ia dirikan di Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada 7 Maret 2011.

*Dilansir dari berbagai sumber

Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI


1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini