Share

34 PMI di Korsel Ikuti Wisuda Daring Universitas Terbuka

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Kamis 23 Desember 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 65 2521381 34-pmi-di-korsel-ikuti-wisuda-daring-universitas-terbuka-TUzvy05HGL.jpg Foto: Tangkapan layar.

JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) melalui Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri kembali menyelenggarakan wisuda bagi lulusan UT di Korea Selatan (Korsel) dan semuanya adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sejak awal bekerja sambil mengikuti kuliah di UT.

Sebanyak 34 lulusan yang berada di Korsel mengikuti wisuda secara daring. Ke-34 lulusan tersebut terdiri dari lulusan program S1 Manajemen 24, Ilmu Komunikasi 8 dan Sastra Inggris bidang minat penterjemahan 2 orang.

BACA JUGA: UT Wisuda 77 Pekerja Migran Indonesia di Taiwan

Wakil Rektor IV UT Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama Rahmat Budiman mengatakan, sinergi dan dukungan antara UT dengan perwakilan RI di Korsel merupakan wujud perhatian luar biasa bagi PMI yang selama ini berjuang dan bertekad ingin meningkatkan kompetensi diri dengan cara menempuh pendidikan di UT.

Dia pun berharap, adanya prosesi wisuda ini akan dapat memacu semangat para PMI lainnya untuk mengikuti jejak PMI lain yang telah lebih dulu diwisuda.

"Selamat atas kelulusan yang diraih dan hari ini saudara berhak menyandang gelar sarjana," katanya pada Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) Pokjar Korea Selatan 2021 yang dipantau melalui Youtube, Rabu (22/12/2021).

BACA JUGA: Bantu Mahasiswa Tetap Kuliah, UT Salurkan Bantuan UKT Rp1,4 M

Menurutnya, meraih gelar sarjana bagi PMI tidaklah mudah. Sebab PMI yang datang ke Korsel memang pada awalnya bukanlah untuk kuliah melainkan untuk bekerja. Sehingga mereka membutuhkan perjuangan dan kerja keras untuk membagi waktu, tenaga dan motivasi tiada henti untuk menjalani kedua aktivitas tersebut.

"Namun semua itu telah berhasil dilewati dan ini menunjukan bahwa kuliah sambil bekerja bukanlah suatu penghalang," tuturnya.

Dia mengatakan momen wisuda kali ini sangat spesial karena bertepatan dengan peringatan Hari Migran Internasional yang diperingati setiap 18 Desember. Di Indonesia, peringatan Hari Migran Internasional 2021 mengambil tema Migran Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya.

Rahmat mengatakan, untuk meningkatkan kompetensi PMI, UT memberi akses seluas-luasnya kepada PMI untuk mengikuti program Bekerja Sambil Kuliah. Menurutnya, UT dan BP2PMI telah menandatangani kerjasama untuk meningkatkan kompetensi PMI yang mau berangkat maupun yang sudah berada di berbagai negara.

Menurutnya, jumlah mahasiswa UT di luar negeri saat ini mencapai 2.245 orang dan 202 mahasiswa berada di Korsel. "Melalui kesempatan kuliah di UT, diharapkan saat kembali ke Indonesia, para PMI memiliki kompetensi unggul sehingga dapat berkontribusi mengembangkan daerahnya masing-masing," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini