Cerita Dosen Mengajar S1 vs S3, Enak Mana?

Fay Cilla, Okezone · Sabtu 04 Desember 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 65 2511860 cerita-dosen-mengajar-s1-vs-s3-enak-mana-0l2sarizBm.jpg Cerita dosen mengajar S1 dan S3 di video TikTok (Foto: Video TikTok)

JAKARTA – Sebuah video TikTok yang mengungkap cerita dosen pengajar Strata-1 (S1) dan Strata 3 (S3) mendadak viral. Video tersebut menjadi perbincangan warganet atau netizen karena sang dosen mendapat pertanyaan tentang perbedaan mengajar siswa S1 dan S3.

“Saya tuh pernah ditanya gini, Pak enak manasih ketika mengajar mahasiswa S1 atau mahasiswa S3?,” ujar Hendi dalam video yang diunggah di akun TikTok @hendi.motiv***.

Dalam video itu Hendi menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan yang ia alami ketika mengajar dua jenjang kuliah yang berbeda. Video itu telah dilihat sekitar 179 ribu kali sejak ia mengunggah pada Kamis. (2/12/2021).

Hendi menjelaskan tiga perbedaan spesifik dalam mengajar di video TikTok-nya, pertama soal aroma kelas yang didominasi bau parfum pada mahasiswa S1 sedangkan mahasiswa S3 memiliki aroma minyak angin.

 Baca juga: Kisah Dosen Muda Sukses Jadi Entrepreneur, Jual Oleh-Oleh Makassar hingga Tembus Mancanegara

“Mahasiswa S1 itu jujur, lebih harum ya karena, ada bau parfum mungkin body lotion, skincare lah gitu ya. Tapi kalo di mahasiswa S3 itu ya harum, ada parfum juga tapi ya ada juga aroma balsem ada juga aroma minyak angin ya memang ada faktor tertentu yang menyebabkan mereka menggunakan itu,” jelasnya.

Lalu yang kedua, dia memberikan ketegasan agar mahasiswa S1 lebih bersemangat dalam belajar. Sedangkan untuk mahasiswa S3 dia cenderung memahami dan tidak terlalu tegas dalam mengajar.

Baca juga: Uniknya Kuliah S1 di Amerika, Tahun Kedua Baru Pilih Jurusan   

“Yang kedua itu kita jangan terlalu tegas dengan mahasiswa S3, kalau S1 itu masih bisa kita tegasin siap gitu. Kalo mahasiswa S3 kita tegas mereka bisa minta diantar kerumah sakit ya karena kaget,” lanjutnya.

Kemudian hal yang ketiga menjadi perbedaan yang sangat terlihat, yakni mahasiswa S1 sering meminta traktir sedangkan mahasiswa S3 sering menraktir Hendi.

“Dan yang ketiga, ini yang enak ni. Mahasiswa S1 itu selalu minta traktir, sedangkan mahasiswa s3 itu sering traktir,” tambahnya.

Banyak netizen yang memberi tanggapan bergurau atau membandingkan dengan dirinya pada kolom komentar dalam video Tiktok Hendi.

@akakakaka***:”mahasiswa S3 kalo bikin masalah di telpon orang tua nya gak?”

@Zal***: “mahasiswa s3 parfum malaikat subuh kali pak wkwk”

@アリ**:”sebenarnya anak S1 itu banyak yg baluran freshcare pak cuma emg ketutup bau parfum aja 😂”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini