Share

Menag dan Ilham Habibie Bahas Konsep Madrasah 4.0

Widya Michella, MNC Media · Kamis 16 September 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 624 2472351 menag-dan-ilham-habibie-bahas-konsep-madrasah-4-0-ghgJm8iv7M.jpg Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Kemenag)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas membahas pentingnya konsep Madrasah 4.0 bersama Ilham Habibie selaku Chairman Orbit Future Academic. Ia menganggap penguasaan teknologi menjadi kunci bagi kesuksesan generasi madrasah di masa depan.

Ia menyampaikan Kementerian Agama (Kemenag) diberikan tantangan oleh Presiden Jokowi untuk berifikir bagaimana caranya siswa tidak sekedar bersekolah, mendapat ijazah yang ujungnya hanya menambah deretan pencari kerja.

"Oleh karena itu Kemenag diberikan tantangan untuk membangun pendidikan vokasi. Maka, melalui diskusi pagi ini, paling tidak saya mendapatkan gambaran 50 persen pekerjaan rumah kita sudah dapat diselesaikan. Saya menyambut baik konsep Madrasah 4.0 yang diungkapkan Pak Ilham,"jelas Menag Yaqut demikian dikutip pada laman resmi Kemenag, Kamis,(16/09/2021).

 (Baca juga: Pandemi Covid-19, PTKIN Kemenag Berikan Potongan UKT Mahasiswa hingga 100%)

Sebelumnya, Ilham Habibie ingin mengembangkan program Madrasah 4.0 bersama Kemenag dalam upaya transformasi pendidikan dimana siswa harus mampu mengembangkan bahkan menciptakan teknologi.

Sekaligus meningkatkan keterampilan guru madrasah untuk dapat menjawab kebutuhan masa depan. “Kami juga menggandeng sejumlah mitra, seperti Microsoft, Intel, serta AWS,” ungkap Ilham.

Presiden Director Orbit Ventura Indonesia, Sachin Gopalan menambahkan program Madrasah 4.0 dapat dilakukan secara bertahap pada madrasah-madrasah pilot project. “Pilot project ini sangat simple. Selanjutnya untuk mempercepat program ini, ada skalabilitas. Untuk melihat ini kita akan memanfaatkan artificial intelligent (AI) yang kita punya,”jelas Sachin.

(Baca juga: 9.715 Guru Madrasah Terima Tunjangan Kinerja Selama 3 Tahun) 

Menanggapi hal ini Direktur Jenderal Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani menyambut baik rencana tersebut dan akan mencoba tindak lanjuti dengan pertemuan selanjutnya untuk membicarakan hal-hal teknis guna mewujudkan Madrasah 4.0.

“Ini salah satu kabar baik bagi madrasah kami. Melihat mitra yang akan diajak seperti Microsoft, Amazon, dan lain-lain. Kami ingin anak-anak madrasah dapat memiliki cara pikir global, dan bertindak untuk lokal,”imbuhnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini