Guru Besar UI Sebut Perlu Ada Komunikasi Krisis di PPKM Level 4

Widya Michella, MNC Media · Sabtu 24 Juli 2021 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 65 2445303 guru-besar-ui-sebut-perlu-ada-komunikasi-krisis-di-ppkm-level-4-J0nla82wjD.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia (UI), Ibnu Hamid angkat bicara mengenai adanya perpanjangan PPKM Darurat menjadi PPKM level 1-4. Menurutnya, penting dilakukan komunikasi dalam peningkatan kepercayaan publik (public trust), dari pemerintah ke masyarakat menggunakan komunikasi krisis.

"Komunikasi publik yang ditempatkan pemerintah belum pada komunikasi yang krisis. Ciri komunikasi krisis adalah komunikasi yang melaporkan secara fakta tindakan-tindakan yang sudah dilakukan atas krisis yang terjadi," kata Ibnu dalam live streaming MNC Trijaya, polemik PPKM End Game, Sabtu, (24/07/2021).

Baca juga:  Luhut Klaim Kasus Covid-19 Turun, PPKM Level 4 Berakhir Besok?

Ia menambahkan, jika seharusnya pemerintah dapat melaporkan tindakan apa yang telah dilakukan dalam penanganan krisis ini misalnya dengan melaporkan secara periodik jumlah vaksin yang telah dikirim ke daerah, berapa bantuan yang telah diberikan termasuk bantuan sosial dan di bidang kesehatan.

"Jadi jangan hanya yang sudah udah dirawat sekian, yang sembuh sekian, yang wafat sekian itu penting tapi yang penting adalah apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah," tegasnya.

Baca juga:  Ribuan Petugas Gabungan Diterjunkan Antisipasi Demo Tolak PPKM di Jakarta

Ia menilai Pemerintah saat ini sudah mau mengakui belum optimalnya penanganan situasi krisis dengan meminta maaf kepada publik. Namun akan lebih bagus jika disertai dengan kemajuan tindakan terhadap penanganan tersebut.

"Tapi yang lebih bagus lagi menunjukkan kemajuan-kemajuan atau tindakan-tindakan yang sudah dilakukan dan kontributif terhadap penanganan krisis jika dilakukan insyaallah timbul publik trust tadi," jelasnya. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini