Gotong Royong Alumni UNS Melawan Covid-19

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 Juli 2021 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 65 2445129 gotong-royong-alumni-uns-melawan-covid-19-Y6oz2OCJJv.jpeg Aksi IKA UNS melawan pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa)

SOLO - Pandemi Covid-19 sudah berlangsung 1,5 tahun dan hingga kini angka penderita terus mengalami peningkatan. Kondisi ini tentu saja membuat prihatin semua pihak, termasuk Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) Solo yang menggelar kegiatan “IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19”. 

Kegiatan yang dimulai sejak sejak Senin 19 Juli 2021 dan dijadwalkan selasai dalam tiga bulan ke depan. “IKA UNS menjadikan Solo sebagai pilot project karena mempunyai nilai historis bagi Alumni UNS dan nantinya akan bergulir ke daerah lain,” kata Ir. Budi Harto, Ketua IKA UNS dalam sambutannya dalam Go Live Gotong Royong Bantuan Kemanusiaan Peduli Covid-19 IKA UNS, Jumat (23/7/2021)

Dana kegiatan ini, kata Budi Harto, bersumber dari gotong royong berbagai pihak, yakni dana kas IKA UNS, donasi Alumni UNS, masyarakat umum, dan CSR perusahaan.

Prof. Wimboh Santoso menambahkan, akan muncul gerakan gotong royong seperti ini yang dilakukan oleh perguruan tinggi sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)m agar masyarakat bahu membahu melawan pandemi Covid-19.

Baca juga: Rektor UNS Dorong Mitigasi Pandemi Covid-19 Berbasis Komunitas

“OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sangat mendukung kegiatan seperti ini melalui OJK di daerah mengingat dampak ekonomi yang ditimbulkan dari pandemi ini sangat luar biasa,” kata Wimboh, Ketua OJK dan juga Alumni UNS ini.

Sementara Rektor UNS, Prof. Jamal Wowoho menyampaikan bahwa UNS sangat mendukung kegiatan seperti ini. Jamal berharap program ini bisa bersinergi dengan program yang sudah dicanangkan UNS, yakni UNS Peduli Covid-19.

Program ini dibuat menyasar sisi hulu dan hilir. “Fokus program hulu adalah sosialisasi dan pendampingan masyarakat pada tingkat RT atau RW dengan mensosialisasikan pemakaian masker, protokol kesehatan, mendorong vaksinasi dengan menggandeng tokoh masyarakat setempat,” kata Ir. Heri Sosiawan, Ketua IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19.

Selain itu, dilakukan pemasangan memasang alat sosialisasi tentang Covid-19 seperti spanduk, banner, brosur dan lainnya di tempat-tempat yang bisa dilihat warga di beberapa wilayah di Kota Solo. Serta bantuan pendampingan kepada aparat kelurahan di Kota Solo melakukan sosialisasi tentang Covid-19 kepada masyarakat.

“Tak lupa, kami juga membagikan masker untuk masyarakat kurang mampu, pedagang kaki lima, pengendara ojek online, dan lainnya,” tambah Heri yang juga Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat IKA UNS.

Di hilir, IKA UNS memberikan bantuan kepada wrga yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Bantuan berupa paket makan siang yang diberikan setiap hari sebanyak 200 kotak selama 60 hari. Paket bantuan makan siang ini diberikan di beberapa kelurahan.

IKA UNS juga menyiapkan dua unit ambulans yang bisa dipakai warga secara gratis untuk mengangkut jenazah, antar jemput pasien dari rumah sakit. “Sopir dan bensin sudah disiapkan oleh IKA UNS. Jadi warga bisa memakai kedua unit ambulan ini dengan gratis,“ tambah Heri.

Program lainnya yang tak kalah penting, IKA UNS membantu pemulasaran jenazah Covid-19. IKA UNS dibantu sukarelawan pemakaman yang berjumlah 12 orang. Mereka dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), sepatu boots, sarung tangan, masker, hingga vitamin.

Sukarelawan ini membantu pemakaman warga yang terpapar Covid-19, mulai dari menggali liang kubur, membawa jenazah ke pemakaman, hingga memakamkan. Selain itu, IKA UNS juga menyediakan bantuan peti mati bagi warga kurang mampu.

Tak lupa, IKA UNS juga membagikan biang disinfektan bagi kelompok masyarakat.

Program ini terlaksana berkat kerjasama IKA UNS dengan UNS, RS UNS, Lintas Alumni UNS di Solo, Relawan Kesehatan, Pemerintah Kota Surakarta, Otoritas Jasa Keuangan Solo, dan Satgas Covid Kodya Surakarta.

“Semua ini berkat bantuan dana gorong royong alumni UNS dan masyarakat umum. Kami berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dengan bantuan semua pihak,” ucap Heri.

IKA UNS mengajak alumni UNS dan masyarakat umum untuk bergotong royong membantu meringankan penderitaan masyarakat akibat pandemi Covid-19 dengan mengirimkan donasi melalui Rekening IKA UNS di Bank Mandiri nomor 116-00-0909066-3.

Masyarakat bisa mengakses informasi IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19 melalui nomor pusat layanan 0813 7777 0144 atau mendatangi kantor sekretariat di Griya Segaran, JL KS Tubun 31, Manahan, Surakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini