Kabar Duka, Mantan Rektor IPB Prof Ahmad Ansori Mattjik Meninggal Dunia

Tim Okezone, Okezone · Kamis 20 Mei 2021 06:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 65 2412680 kabar-duka-mantan-rektor-ipb-prof-ahmad-ansori-mattjik-meninggal-dunia-XqSy0eRkl5.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Mantan Rektor Institute Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Ahmad Ansori Mattjik, M.Sc. meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan pada Rabu 19 Mei 2021, sekira pukul 20.13 WIB.

Kabar duka tersebut diketahui beredar di grop WhatsApp, Kamis (20/5/2021).

Telah berpulang ke rahmatullah

Prof. Dr. Ir. Ahmad Ansori Mattjik, M.Sc.

(Rektor IPB, Bogor 2002-2007)


Almarhum wafat pada :

Rabu, 19 Mei 2021

Pk. 20.13 WIB

Di RS Fatmawati, Jakarta.


Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu wa akrim nuzulahu wa wasi' madkhalahu...

 

Allahumma laa tahrimna ajrahu walaa taftinna ba'dahu.

Waghfirlana walahu.

 

Semoga almarhum diampuni segala dosa dan kesalahannya serta diterima dan dilipatgandakan pahala seluruh amal ibadahnya serta diberikan tempat terbaik di sisi-Nya.

Aamiin.!

 

Kepada Keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan, kesabaran dan keikhlasan dalam menerima takdir ini.

Barakallah...

Aamiin.!

Berdasarkan laman alumniipbpedia.id, berikut sosok Prof Ahmad Ansori Mattjik:

Prof. Dr. Ir. H. Ahmad Ansori Mattjik, M.Sc, dilahirkan di Jakarta tanggal 26 Juni 1946. Riwayat pendidikannya dimulai dari sekolah dasar SRN 18 Bogor.

Lulus dari sekolah dasar, Ansori melanjutkan pendidikan menegah pertama di SMP Kris hingga kemudian berlanjut di SMA Negeri 1 (Boedoet) Jakarta.

Selepas tamat SMA, Prof. Mattjik muda melanjutkan pendidikan sarjana S1 di bidang Biometrika di Institut Pertanian Bogor. Beliau kemudian melanjutkan pendidikan magister (S2) di University of Minnesota dan meraih gelar Magister Statistika.

Tak sampai disitu, kegigihan mencari ilmu berlanjut pada tahun 1980 ketika beliau berhasil meraih gelar Doktor bidang Statistika Terapan pada Colorado State University.

Tanggal 2 Desember 2002 menjadi tonggak sejarah bagi Prof. Mattjik, pasalnya Majelis Wali Amanat (MWA) IPB menetapkan dirinya sebagai Rektor IPB untuk periode 2002-2007.

Beliau adalah Rektor IPB ke-12 sejak IPB berdiri, menggantikan Prof. Dr. Ir. M Aman Wiranatakusumah. Beliau kemudian gigih membawa IPB menjadi perguruan tinggi terkemuka melalui pembenahan mutu SDM.

Berbagai jabatan pernah diemban oleh sosok berkacamata ini, di antaranya Ketua Dewan Pakar HKTI dan jabatan lain di tingkat IPB maupun di luar IPB. Beliau tergabung dalam beberapa organisasi profesi dan memiliki pengalaman kepanitiaan kegiatan hingga tingkat nasional.

Guru Besar Statistika IPB ini selain sebagai pengajar juga aktif sebagai pembicara dalam seminar, simposium dan workshop berskala nasional.

Beberapa karya ilmiah beliau yang telah dipublikasikan dalam jurnal/majalah antara lain Pendugaan Data Hilang dengan Algoritma EM-AMMI pada Percobaan Lokasi Ganda dan Aplikasi Analisis Pengaruh Utama Aditif dengan Interaksi Ganda (UAIG).

Beliau juga telah menerbitkan beberapa buku di antaranya Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab (Jilid I) dan Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab (Jilid I ed. 2).

Tak hanya itu, Prof. Mattjik juga telah melakukan kerjasama di bidang pendidikan dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia dan pemerintah daerah. Atas berbagai prestasinya itu, Prof Mattjik dianugerahi penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini