6 Jurus Temukan Tempat Magang Impian

Senin 04 Maret 2019 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 03 65 2025254 6-jurus-temukan-tempat-magang-impian-A1cciOGmj2.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Melakukan internship atau magang merupakan cara seseorang untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Internship bagi mahasiswa juga merupakan persyaratan penting untuk kelulusan, sementara fresh graduate sering melakukan internship untuk mempercantik resume dan CV-nya.

Yang jelas, semua orang ingin menjadi intern di perusaan atau tempat kerja yang oke. Sudah jadi rahasia umum kalau makin bagus tempat internship seseorang, maka kemungkinan diterima kerja di tempat lain akan semakin besar. Belum lagi kalau Anda perform selama magang, bisa-bisa Anda akan ditawari bekerja sebagai karyawan tetap. Asyik, kan?

 Baca Juga: 5 Alasan Mahasiswa Perlu Kerja Magang

Bila Anda calon intern, maka baiknya Anda mengikuti enam tips ini untuk mendapatkan tempat intership impian seperti dikutip Qerja, Jakarta, Senin (4/3/2019).

1. Tentukan Minat

Sebelum Anda mencari tempat internship, baiknya Anda pastikan minat Anda terlebih dahulu. Misalnya Anda sangat tertarik meniti karir di bagian Marketing, maka Anda bisa melakukan intern ke perusahaan yang memiliki divisi Marketing yang kuat, sehingga Anda bisa banyak belajar.

Jangan sampai minat Anda bertolak belakang dengan fokus perusahaan yang menjadi calon tempat Anda magang.

 

2. Gunakan Jaringan

Setelah Anda tentukan minat, maka Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan yang mungkin membuka kesempatan internship dengan minat Anda.

 Baca Juga: Manfaat Magang untuk Kelanjutan Karier

Anda bisa mengunakan media sosial khusus kerja seperti linkedin atau website seperti qerja.com. Bisa juga menggunakan jaringan teman dan para alumni.

 

3. Cari Informasi

Setelah Anda menemukan beberapa perusahaan yang cocok, maka carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan itu lewat company profile mereka. Informasi bisa Anda dapatkan melalui internet atau mungkin kenalan yang Anda kenal.

Informasi ini penting sehingga Anda punya gambaran tentang perusahaan secara keseluruhan, termasuk gambaran pekerjaan (job description) yang akan Anda lakukan selama Anda magang nanti.

 

4. Pilih Perusahaan yang Kredibel

Fokuslah pada perusahaan mana yang memiliki kredibilitas baik, cukup berkembang, dan bisa membuat CV Anda lebih kinclong dengan referensi yang diberikan.

Magang di perusahaan yang kredibel dan maju biasanya memberikan keuntungan lain misalnya kemungkinan mendapatkan bayaran dan fasilitas menarik, meskipun cuma bekerja sebagai intern di tempat itu.

Anda juga bisa memilih perusahaan yang sedang berkembang atau perusahaan baru dengan prospek yang cerah. Magang di perusahaan ini akan memberikan banyak pengalaman yang belum tentu Anda dapatkan saat intern dengan perusahaan yang maju.

 

5. Siapakan Berkas Lamaran Secara Lengkap

Tahap selanjutnya, Anda harus mempersiapkan lamaran dan dokumen yang dibutuhkan untuk apply ke tempat internship.

Buat aplikasi lamaran selengkap dan semenarik mungkin, termasuk foto terbaru Anda. Bila dokumen tidak lengkap, maka jangan harap aplikasi Anda akan diproses.

 

6. Lamar Lebih dari Satu Tempat

Disarankan untuk melamar ke beberapa tempat internship sekaligus, jangan cuma fokus di satu tempat saja.

Bila ditolak, Anda jadi memiliki banyak alternatif untuk menjadi intern di tempat lain. Kalau Anda beruntung, bisa saja Anda diterima di semua tempat. Lumayan kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini