Share

Unpad Gandeng Massachusetts Institute of Technology Hadapi Revolusi Industri 4.0

Rikhza Hasan, Okezone · Kamis 22 November 2018 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 65 1981326 unpad-gandeng-massachusetts-institute-of-technology-hadapi-revolusi-industri-4-0-W81HQTI2yR.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Universitas Padjadjaran melakukan kerja sama akademik dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat sejak menjadi anggota dari lembaga Abdul Latif Jameel World Education Lab (J-Wel) pada September lalu. Kerja sama tersebut dilakukan untuk menjawab tantangan yang dihadapi sistem pendidikan dalam revolusi industri 4.0.

Dengan bergabungnya Unpad dalam keanggotaan J-WEL, akan ada sejumlah aktivitas kolaborasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak terkait pengembangan kurikulum pendidikan.

Baca Juga: Mahasiswa Unpad Juara Tiga di India berkat Limbah Makanan

“Jika sistem pendidikan tidak berkembang, lulusan akan sulit berkompetisi dalam menjawab kebutuhan dunia saat ini,” ujar Wakil Rektor Bidang Tata Kelola, Perencanaan, dan Sistem Informasi, Sigid Suseno, dikutip dari situs Unpad, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Kegiatan yang telah dilakukan salah satunya adalah keikutsertaan dua dosen Unpad dalam lokakarya (workshop) pengembangan kurikulum di MIT Boston. Mereka adalah Ida Widianingsih, M.A., PhD. dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mewakili bidang ilmu sosial serta Zahrotur Rusyda Hinduan,S.Psi., MOP, Ph.D dari Fakultas Psikologi mewakili bidang ilmu eksakta.

Baca Juga: Universitas Padjadjaran Segera Miliki Rektor Baru, 8 Kandidat Jalani Test

Selain pengembangan kurikulum, kerja sama Unpad dengan MIT juga diperkuat dengan aktivitas penelitian bersama terkait lingkungan. Salah satunya adalah dengan mendatangkan Direktur Environmental Solutions Initiative MIT Prof. John E. Fernandez. Bersama Unpad, Prof. John yang saat ini memimpin proyek “MIT Urban Metabolism” akan melakukan studi analisis di DAS Citarum.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini