Cegah Narkoba Masuk Kampus, 7.800 Maba Unnes Jalani Tes Urine

Vanni Firdaus Yuliandi, Okezone · Selasa 14 Agustus 2018 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 14 65 1936300 cegah-narkoba-masuk-kampus-7-800-maba-unnes-jalani-tes-urine-2ZKlzm8QZi.jpg Foto: Maba Unnes Tes Urine (Dok Unnes)

JAKARTA – Kegiatan tes urine setiap tahun dilakukan di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Tes urine pun berlaku bagi mahasiswa baru angkatan 2018 sebanyak 7.800 mahasiswa dalam rangka mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba pada Sabtu 11 Agustus 2018.

Mengingat banyaknya jumlah peserta tes urine, Unnes bekerja sama dengan kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Dalam tes itu, melibatkan 18 personel dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng), 25 personel dari Badan Narkotika Nasional Jateng (BNNP), 70 personel dari Kepolisian Resor Besar Semarang (Polrestabes) dan 18 personel dari Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes) Unnes.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bambang BR menjelaskan, mahasiswa Unnes adalah aset bangsa yang kelak akan meneruskan estafet kepemimpinan. Oleh karena itu dengan tegas Unnes konsisten akan memberantas peredaran narkoba di kampus konservasi ini.

β€œTes urine ini merupakan peran Unnes dalam mengantisipasi peredaran narkoba di dalam kampus. Unnes akan menerapkan kebijakan tegas bagi mahasiswa yang terlibat dalam peredaran atau mengonsumsi narkoba, sebab mahasiswa telah menjadi sasaran pengedar narkoba,” ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Bambang menegaskan, ke depannya kegiatan tes narkoba akan dilakukan secara rutin bagi setiap mahasiswa Unnes. Hal tersebut dilakukan sebagai edukasi dan antisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan civitas akademika kampus Unnes.

Selain tes narkoba, nantinya semua mahasiswa baru Unnes juga akan dilatih bela negara bekerjasama dengan Rindam IV Diponegoro di Magelang.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini