Share

Selain IPK, 6 Hal Ini Bisa Sukseskan Karier

Agregasi Jum'at 30 Maret 2018 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 28 65 1879322 selain-ipk-6-hal-ini-bisa-sukseskan-karier-7vpHb8OCPM.jpg Foto: Shutterstock

Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK memang salah satu faktor penting untuk bersaing mendapatkan pekerjaan, tapi nilai yang kamu dapatkan itu bukanlah hal utama untuk membuat karier sukses. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu latih sejak kuliah agar kamu sukses berkarier.

1. Kedisiplinan

Sering datang terlambat saat ada kuliah pagi? Perbaiki kebiasaan kamu dari sekarang. Nantinya kedisplinan kamu akan sangat dinilai oleh atasan. Jika kamu kurang displin, kamu bisa dinilai kurang baik dan kalah bersaing dengan karyawan lain.

2. Selalu aktif dan berinisiatif

Karyawan yang penuh inisiatif dan selalu aktif sudah pasti akan disenangi atasan dan rekan kerja lain. Maka dari itu, kamu perlu menumbuhkan sikap ini dari sekarang. Kamu bisa mulai dengan berperan aktif saat mengerjakan tugas kelompok atau banyak bertanya di kelas.

3. Mengaplikasikan ilmu yang kamu dapat

Coba aplikasikan teori yang kamu pelajari di kelas. Misalnya jika kamu mendapatkan mata kuliah bahasa asing, coba gunakan bahasa tersebut untuk membantu menerjemahkan atau menyusun artikel. Bukti penerapan ilmu tadi akan jadi poin lebih untuk kamu ketika kamu melamar kerja.

4. Kemampuan bergaul dengan banyak orang

Salah satu sifat yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja adalah fleksibel dan easy going karena nantinya kamu akan dituntut untuk cepat beradaptasi dengan rekan di tempat kerja. Lewat hubungan baik dengan rekan kerja, kamu bisa bekerja dengan lebih maksimal karena mempunyai banyak teman yang mendukungmu untuk memahami berbagai tugas kantor.

5. Pengalaman berorganisasi juga perlu

Selain IPK, pengalaman berorganisasi juga akan berguna untuk sukseskan karier kamu. Dengan terbiasa bekerja dalam kelompok, kamu akan lebih mudah bekerjasama dalam tim di dunia kerja.

6. Tingkatkan pengalaman sesuai karier idaman

Setiap perusahaan tentu menginginkan karyawan baru yang berpengalaman. Agar kamu tidak kalah dalam bersaing dengan jobseekers lain, tingkatkan pengalaman kerjamu dengan magang atau kerja paruh waktu yang sesuai dengan karier idaman kamu. Pengalaman ini akan jadi salah satu bahan pertimbangan atasan untuk bekerja sama denganmu.

Dengan memiliki sifat-sifat tersebut, kesuksesan karier kamu akan lebih mudah tercapai. Yuk, tanamkan faktor pendukung dan sukseskan karier dari sekarang!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini