Share

Selain di Meja Hijau, Ini Dia Pekerjaan Sarjana Hukum

Agregasi Senin 26 Maret 2018 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 22 65 1876492 selain-di-meja-hijau-ini-dia-pekerjaan-sarjana-hukum-qnAHSGrYRp.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

Kamu lulusan atau mahasiswa hukum semester akhir? Sudah menentukan ingin bekerja sebagai apa? Tidak hanya bekerja di pengadilan, ternyata ada banyak profesi yang cocok dengan gelar sarjana hukum-mu. Berikut beberapa pekerjaan untuk lulusan hukum yang bisa kamu jadikan pilihan.

Dosen

Suka mengajar? Sarjana hukum juga bisa menjadi tenaga pengajar di kampus, nih. Untuk bisa jadi dosen, kamu perlu melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, S-2 misalnya.

Notaris

Notaris adalah salah satu profesi yang digemari para sarjana hukum. Sebagai pejabat resmi yang diangkat negara, kamu berhak untuk membuat dan mengurus surat otentik seperti akta rumah, tanah, dan kepemilikan perusahaan. Profesi ini memungkinkan kamu untuk buka praktik di rumah dan tidak terikat juga pada satu perusahaan saja. Tertarik menjadi notaris? Kamu harus menempuh pendidikan Magister Kenotariatan dulu, Sobat.

Staf Legal

Tidak hanya di firma hukum, profesi ini dibutuhkan di berbagai perusahaan, seperti bank, perusahaan properti, dan rumah sakit. Apa tugas staf legal? Kamu akan mengurus surat-surat perusahaan yang berkaitan dengan hukum. Beberapa contohnya adalah perjanjian kerja, aset perusahaan, dan surat-surat resmi yang dikeluarkan pemerintah seperti akta.

Konsultan Hukum

Sebagai konsultan hukum, kamu akan melakukan review dokumen-dokumen untuk persidangan. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga konsultan hukum untuk ekspansi perusahaan untuk memastikan proses pengembangan mereka resmi secara hukum.

Staf Kementerian

Menjadi staf kementerian adalah pilihan tepat untuk kamu lulusan hukum yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Banyak kementerian dan badan milik negara yang membutuhkan karyawan dari jurusan hukum. Dengan kemampuan lebih, karier kamu bisa berkembang hingga jadi seorang menteri. Jenjang karier yang menjanjikan, bukan?

Staf HRD

Tahukah kamu? Tidak hanya lulusan psikologi saja, kamu sebagai lulusan sarjana hukum juga punya peluang bekerja di bidang SDM. Sarjana hukum yang berprofesi sebagai HRD bisa mengevaluasi aturan perusahaan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Dengan menjadi staf HRD, pengetahuan dan ketelitian kamu mengenai pasal-pasal hukum akan sangat berguna.

Pengusaha

Tidak harus di bidang hukum, ilmu kamu tetap bisa berguna untuk menjalankan bisnis, lho. Dengan pengetahuan semasa kuliah, kamu akan lebih paham syarat dan proses hukum yang perlu dilalui. Jadi usaha kamu dapat berjalan tanpa mengalami masalah hukum.

Sudah menemukan pekerjaan lulusan hukum yang sesuai? Siapkan dirimu untuk mencari pekerjaan dari sekarang.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini