UMI Makassar Jadi Tuan Rumah Olimpiade MIPA Perguruan Tinggi Nasional

Prayudha, Okezone · Rabu 21 Maret 2018 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 21 65 1876107 umi-makassar-jadi-tuan-rumah-olimpiade-mipa-perguruan-tinggi-nasional-yhmSPsGiSk.jpg Foto: Prayudha/Okezone

MAKASSAR - Sedikitnya 516 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta wilayah Kopertis IX Sulawesi mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk Tingkat Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) di Auditorium Al jibra Kampus UMI Makassar, yang akan berlangsung selama dua hari ke depan, 21-22 Maret 2018.

Perwakilan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti, Dr Misbah Fikrianto mengatakan, sejauh ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) sebagai ajang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa dimasa akan datang.

Menurutnya kegiatan yang mulai dirintis pada tahun 2009 dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi bertujuan mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa.

"Memberikan masukan untuk perbaikan pendidikan di perguruan tinggi, demi peningkatan kualitas dan memperluas kemampuan dan kompetensi mahasiswa," ujarnya.

Seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah) dilaksanakan secara serentak pada 21-22 Maret 2018 oleh Kopertis di 14 wilayah, termasuk Sulsel. Kemudian, akan dilanjutkan seleksi tahap III (tingkat nasional).

"Pada tahap III ini akan ditentukan 20 peserta terbaik per bidang," katanya.

Dia menambahkan, Direktorat Pembelajaran dan Kemahaiswaan telah menjadikan kegiatan ini sebagai event tahunan, sehingga akan berkelanjutan. "Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini untuk membangun prestasi dan budaya keilmuan demi melahirkan mahasiswa yang berprestasi," pungkasnya.

Sementara itu, Kordinator Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Kopertis) wilayah IX Sulawesi Prof. Dr. Jasrudin, menuturkan Olimpiade yang dikoordinasikan langsung oleh Dikti ini menunjuk Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar untuk menjadi tuan rumah bagi peserta yang berada dalam regional IX sudah tepat.

Ia beralasan, karena selama ini kampus UMI merupakan salah satu kampus swasta di Sulsel yang dianggap sukses masuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia selama 2017 lalu versi Dikti.

"Bagi Kopertis, ini suatu kebanggaan. UMI tuan rumah sangat tepat karena salah satu PTS unggul di Indonesia Timur," katanya.

Menurutnya guru besar UNM ini, globalisasi telah mengubah tatanan hubungan antar negara-negara di dunia. Hanya negara dengan sumberdaya manusia yang berkualitas mampu bertahan dalam kompetisi barang maupun jasa di pasar dunia.

"Hari ini era kompetisi bagi mahasiswa sebagai generasi masa depan. Apalagi dunia industri menghadapi kompetisi. Kompetisi bukan hanya di negara kita, tapi global. Ini akibat perkembangan teknologi," katanya.

Terpisah, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan UMI Prof Ghani menjabarkan akan turut sertanya kampus UMI sebagai tuan rumah adalah sebagai salah satu wujud kepedulian perguruan tinggi untuk mendongkrak kualitas mahasiswa masing-masing dalam menunjang mutu perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

"Kita mendukung segala bentuk kepedulian civitas kampus dan pendongkrak misi perguruan tinggi," bebernya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini