6 Kerja Part Time Ini Bisa Support Kuliah & Kerja-mu!

Agregasi Sabtu 27 Januari 2018 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 25 65 1850258 6-kerja-part-time-ini-bisa-support-kuliah-kerja-mu-ZvhWilkO4K.jpg Foto: Mycafesupplies

“Ingin kerja tapi takut kuliah berantakan” adalah kalimat yang sering keluar dari para mahasiswa saat menemukan lowongan kerja part time yang menggiurkan. Sebenarnya kamu tidak perlu takut, Sobat. Banyak lho part time job yang justru bermanfaat untuk kuliah kamu. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Guru Les

Jika kamu adalah mahasiswa pendidikan, kamu bisa menekuni pekerjaan ini. Dengan mengajar baik private atau pada penyedia jasa bimbingan belajar, kamu akan mendapatkan pengalaman langsung dalam membagikan ilmu. Hal ini bisa menjadikan kamu lebih siap untuk mata kuliah kampus yang mengharuskan kamu melakukan praktik, seperti micro-teaching atau Program Pengalaman Lapangan (PPL).

Asdos

Pernah masuk kuliah tapi yang mengajar justu kakak angkatanmu? Kakak-kakak seperti itu disebut asisten dosen atau asdos. Posisi asdos ini disebut sebagai kerja sampingan karena dari kegiatan membantu dosen-dosen itu mereka mendapatkan penghasilan tambahan.

Tidak hanya menambah uang bulanan, menjadi asdos bisa mempermudah kamu menjalin hubungan dengan dosen. Hubungan ini bisa berguna untuk karier kamu ke depannya. Selain itu, dengan menggantikan dosen mengajar, kamu bisa menjaga ilmu yang sudah kamu pelajari agar tetap fresh.

Staf Kampus

Banyak universitas memberikan kesempatan pada mahasiswanya untuk ikut terlibat dalam kegiatan mereka, mulai dari kegiatan promosi kampus hingga urusan administrasi. Menjadi bagian dari roda kampus ini, bisa men-support keahlian yang kamu butuhkan untuk kuliah di berbagai jurusan. Contohnya, untuk kamu yang terlibat dalam kegiatan promosi, kamu bisa mendapat pengalaman lebih dalam bidang marketing.

Tour Guide

Beberapa perusahaan travel kini membuka peluang bagi para mahasiswa untuk menjadi pemandu wisata paruh waktu dengan jam kerja yang bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah.

Menjadi tour guide akan sangat mendukung kuliah kalian yang mendalami bidang pariwisata, karena di sini kamu bisa menerapkan teori-teori yang sudah kamu pelajari. Bukan dari pariwisata? Pekerjaan ini tetap bisa dukung kuliah kamu kok. Pengalaman mendampingi para tourist bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dan berbahasa kamu.

Barista atau Waiters

Lowongan kerja part time yang paling diminati ini bisa dukung kuliah mahasiswa perhotelan, nih. Karena di jurusan ini kamu banyak dibekali pengetahuan tentang pelayanan, kerja sampingan ini bisa jadi tempat praktik plus meningkatkan daya jual kamu.

Kamu yang berkutat di jurusan bisnis dan manajemen juga bisa meraih manfaat dari pekerjaan ini. Berinteraksi langsung dengan pelanggan, bisa memberi kamu referensi tentang manajemen seperti apa yang bisa sukseskan suatu bisnis.

Penerjemah Lepas

Pekerjaan paruh waktu yang satu ini paling banyak manfaatnya untuk kamu para mahasiswa bahasa asing. Dengan menerjemahkan, pengetahuan bahasa asing kamu bisa bertambah dan membuat kamu unggul dari teman-teman lain yang hanya belajar di kampus.

Kamu bisa memilih menyerahkan projek kamu pada penerjemah lain saat kuliahmu sedang hetic dan tidak memungkinkan untuk membagi pikiran. Karena alasan inilah lowongan kerja part time penerjemah lepas banyak direkomendasikan kepada mahasiswa yang ingin bekerja dan tetap fokus kuliah.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini