Rakernas Kemristekdiki Pamerkan 'Penjaga' Kesehatan Ikan sampai Biskuit Ber-SNI

Angkasa Yudhistira, Okezone · Jum'at 19 Januari 2018 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 65 1847398 rakernas-kemristekdiki-pamerkan-penjaga-kesehatan-ikan-sampai-biskuit-ber-sni-7jC0mauXXn.jpg Foto: Angkasa Yudhistira/Okezone

MEDAN - Sejumlah penemuan hasil riset dipamerkan dalam acara Rakernas Kenristekdikti 2018 di Kampus USU, Medan, Rabu 17 Januari 2018. Salah satunya Nano Bubble Generator yang diciptakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Peneliti LIPI Hilman Syaeful Alam mengatakan, alat tersebut diproduksi untuk meningkatkan produktivitas budidaya perikanan. "Dengan alat ini maka bisa mencegah penyakit dan mempercepat produktivutas ikan," ujar Hilman.

Hilman mengatakan, hal tersebut terjadi lantaran nano bubble ciptaannya bisa menghasilkan oksigen yang mudah larut di tambak ikan. Dan saat ini, pihaknya baru menggandeng dua mitra usaha.

Karena itu, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, LT Handoko mengatakan, pihaknya menunggu mitra potensial untuk bisa mengembangkan skala produksi alat tersebut. "Jadi nantinya bisa diproduksi secara massal," ujar Handoko.

Selain LIPI, Badan Standarisasi Nasional (BSN) juga memamerkan produk ber-SNI di Rekernas Kemristekdikti. Namun kali ini bukan barang yang dipamerkan, tapi biskuit yang ditetapkan dalam SNI 2973:2011.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan melindungi kesehatan konsumen dan menjamin perdagangan yang jujur dan bertanggung jawab.

Mutu biskuit menurut SNI, adalah dengan kriteria uji yang meliputi keadaan, cemaran logam, dan cemaran mikroba. Lalu uji keadaan meliputi bau, rasa, warna, kadar air, serta lemak asam.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini