Share

Sempat Merasa Salah Jurusan, Wismoyo Bangkit dan Berhasil Raih Wisudawan Terbaik

Elva Mustika Rini, Okezone · Sabtu 23 Desember 2017 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 21 65 1834093 sempat-merasa-salah-jurusan-wismoyo-bangkit-dan-berhasil-raih-wisudawan-terbaik-r6Z3247DZS.jpg Foto: Dok Unair

JAKARTA - Seperti mahasiswa pada umumnya, Wismoyo Nugraha Putra pernah merasa salah jurusan. Wisudawan terbaik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga ini bahkan pernah berencana untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Namun, keterpurukan itu berubah ketika penerima beasiswa Perusahaan Gas Nasional (PGN) ini mengikuti program AIESEC di semester 3.

Ajang tersebut diselenggarakan oleh organisasi internasional yang membantu mengembangkan potensi kepemimpinan pemuda. Di sana, Wismoyo berkenalan dengan seorang peserta dari Taiwan yang punya problem serupa. Bedanya, peserta tersebut mampu bertahan lebih kuat dari dirinya.

”Kami ngobrol. Dia terbuka dan inspiratif. Jurusannya Sastra Inggris dan itu dianggap bukan passion-nya. Tapi dia bisa melewati dengan berprestasi,” tuturnya, seperti dilansir dari laman Unair, Sabtu (23/12/2017).

(Baca juga: Terpilih Jadi Rektor IPB di Usia Muda, Ini Sepak Terjang Arif Satria)

Menyadari hal tersebut, Wismoyo mulai mengubah mindset. Masalah, bagi Wismoyo, merupakan hal yang lumrah dirasakan semua orang. Lewat kesadaran tersebut, ia mulai bangkit dan berusaha mempertanggungjawabkan pilihannya.

Meski sempat sakit sebulan, ia berhasil menyelesaikan skripsi berjudul, ‘Hubungan Pola Makan, Aktivitas Fisik dan Aktivitas Sedentari dengan Overweight di SMA Negeri 5 Surabaya’ dan meraih gelar wisudawan terbaik dengan IPK 3,77.

Kini, Wismoyo menjadi sosok yangt lebih kuat. Ia aktif terlibat organisasi, kepanitiaan, dan kegiatan keilmuan di dalam dan luar negeri. Ide skripsinya sendiri berasal dari paper International Conference on Public Health di Srilanka. Ke depan, pemuda itu berharap dapat melanjutkan S-2 dan menjadi seorang dosen.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini