Share

Korbankan Jam Tidur Demi Kuliah, Ketua Pengadilan Agama Ini Raih Wisudawan Terbaik

Elva Mustika Rini, Okezone · Senin 18 Desember 2017 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 65 1831982 korbankan-jam-tidur-demi-kuliah-ketua-pengadilan-agama-ini-raih-wisudawan-terbaik-1cTvtw1sCO.jpg Foto: Dok Unair

JAKARTA - Ketua Pengadilan Agama di Bawean, Suhartono tidak menyangka dirinya mampu menuntaskan studi sebagai wisudawan terbaik S-3 Ekonomi Islam Universitas Airlangga (Unair) dengan total IPK 3,94.

”Target saya hanya menyelesaikan kuliah sebaik-baiknya. Saya menyadari itu tidak mudah menyelesaikan kuliah S-3 EKIS di samping karena keterbatasan waktu dan keterbatasan basic keilmuan saya bidang ekonomi,” ungkapnya, seperti dilansir dari laman Unair, Senin (18/12/2017).

Selama menjalani perkuliahan, Suhartono harus mampu membagi tugas sebagai mahasiswa, kepala keluarga, juga ketua pengadilan agama. Tidak semua orang mampu mengemban semua tanggung jawab itu.

(Baca juga: Sibuk Kerja Tak Halangi Langkah Nurmalasari Raih Prestasi di Kampus)

Masalah paling rumit bagi Suhartono, ialah saat tugas kuliah berbentrokan dengan tugas dinas. Mau tidak mau, Suhartono harus mendahulukan dinasnya, kemudian menggadai waktu tidur untuk menyelesaikan tugas kuliah.

”Demi kuliah, seringkali saat dari Lamongan ke kampus dalam keadaan mengantuk berat. Semua ini tidak terlepas dari lindungan Allah SWT dan berkat dukungan keluarga, terutama istri dan anak-anak saya,” kenang pria yang pernah dinobatkan sebagai Role Model Hakim PA Gresik Tahun 2013.

Dalam menyusun disertasinya, Suhartono melakukan penelitian pada pemberdayaan masyarakat di sekitar pesantren berbasis Al-mas’uliyah al-itima’iyah dan diberi kesempatan sebagai presenter dalam ISRA’s International Colloquium of Islamic Finance (IICIF) di Malaysia Tahun 2014 dan Oral Presenter pada International Conference Postgraduate School Universitas Airlangga Surabaya Tahun 2017.

Ia berharap dapat menjadi penggiat ekonomi syariah yang berjuang di jalur hukum.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini