Share

OKEZONE GOES TO CAMPUS: Menyikapi Era Digital, Wijaya Kusuma Ingin Masyarakat Indonesia Cintai Produk Sendiri

Elva Mustika Rini, Okezone · Kamis 16 November 2017 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 16 65 1815383 okezone-goes-to-campus-menyikapi-era-digital-wijaya-kusuma-ingin-masyarakat-indonesia-cintai-produk-sendiri-kzrcTRCwxl.jpg Foto : Dok. Okezone

JAKARTA - Menggadang tema “Tantangan SDM dan Organisasi dalam Menghadapi Transformasi di Era Digital”, Okezone Goes to Campus kembali hadir di Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Kamis (16/11/2017). Kerja keras dan inovasi merupakan hal yang paling digarisbawahi menurut Pengamat Manajemen SDM, PM Susbandono.

“Hari ini kita perlu orang-orang dengan memiliki karakter yang dapat bekerja keras. That’s all,” ungkap PM Susbandono.

Namun, Wasekjen Mastel Wijaya Kusuma menilai kerja keras tidak cukup bila dijadikan satu-satunya modal menghadapi transformasi digital. Bahkan, meskipun sudah ditambah dengan inovasi, banyak juga startup aplikasi Indonesia yang tetap mati.

Menilik masalah tersebut, Wijaya Kusuma menambahkan bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia harus cinta pada produk dalam negeri sebagai poin yang perlu ditambahkan, “Pertama, mencintai produk sendiri. Pemerintah harus memproses perizininan. Internet harus masuk pemerintah dulu,” jelasnya.

Wijaya Kusuma juga mencontoh China dalam menyikapi kemajuan aplikasi WhatsApp di negaranya. Tidak hanya mempersulit perizinan, China juga menciptakan aplikasi tandingannya, sehingga masyarakat di sana tak lagi membutuhkan produk luar.

“WhatsApp mau masuk ke China, nggak bisa. Akhirnya, dibuat aplikasi chat sendiri. Indonesia harus seperti itu,” tandas Kusuma.

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini