Mantap! Robot Terbang Karya Mahasiswa Semarang Siap Mengudara di KRTI 2017

Susi Fatimah, Okezone · Minggu 15 Oktober 2017 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 14 65 1795394 mantap-robot-terbang-karya-mahasiswa-semarang-siap-mengudara-di-krti-2017-LgWSxhfzcm.jpg Foto: Dok Unnes

JAKARTA - Robot terbang karya mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang diberi nama Mohinder Vtail akan ikut serta dalam Kontes Robot Terbang Indonesia 2017 yang digelar di Pasuruan, Jawa Timur. Robot Mohinder Vtail dinyatakan lolos ke babak 20 besar fixed wings.

Tim pencipta robot tersebut di antaranya Rizky Purnomo Aji, Amarullah, Septiandi Budi Triantino, Rifki Lukman Satria, Panji Bagas Prakoso dan Muchammad Rofiq Fajar S. Mereka akan menerbangkan robotnya di Detasemen TNI AU Raci, Pasuruan, Jawa Timur.

Kompetisi Robot Terbang Indonesia (KRTI) merupakan event tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2013. Tahun ini KRTI Divisi Fixed Wing mengangkat tema “Monitoring dan Mapping Area Konstruksi”.

Robot terbang jenis fixed wing didesain khusus untuk monitoring area melalui udara. Fungsi utama dari wahana (robot) terbang yang dibuat adalah untuk mengambil video secara live dan mengambil gambar.

Robot harus mampu terbang secara autonomous sesuai dengan area dan track yang telah ditentukan. Setelah menampilkan data realtime yang dapat di-monitoring dari ground segment, hasil pengambilan gambar selanjutnya akan digunakan sebagai bahan untuk membuat mapping area yang telah dilalui robot tersebut.

Pada kompetisi ini, setiap tim dari divisi fixed wing diberi kesempatan sekira 40 menit untuk menyelesaikan suatu misi di lapangan dan diberikan waktu 20 menit untuk mengolah data di pitstop.

Seperti dilansir dari laman Unnes, Minggu (15/10/2017), Ketua Tim Robotika Unnes, Dimas Juniyanto, menyampaikan kompetisi ini dapat menjadi riset awal untuk teknologi robot terbang di masa depan seperti untuk mengawasi perbatasan, monitoring lautan, dan monitor bencana alam.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Bambang BR mengajak mahasiswa untuk selalu berkarya dan mempunyai inovasi yang kreatif. Ia berharap, pesawat ini harus terus dikembangkan hingga fungsinya lengkap sebagai robot pengambil gambar dan video.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini