Share

Keren! Peneliti dari MIT Ciptakan Stiker Canggih yang Deteksi Pelecehan Seksual terhadap Wanita

Siska Permata Sari, Okezone · Sabtu 07 Oktober 2017 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 06 65 1790330 keren-peneliti-dari-mit-ciptakan-stiker-canggih-yang-deteksi-pelecehan-seksual-terhadap-wanita-p2ItIJPtQ4.jpg Foto: Quartz

JAKARTA - Kekerasan maupun pelecehan seksual terhadap kaum wanita masih kerap dijumpai di berbagai tempat. Menurut National Sexual Violence Resource Center, satu dari lima wanita dan satu dari 71 pria memiliki risiko pelecehan seksual hingga perkosaan.

Oleh sebab itu, seorang peneliti dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Manisha Mohan menciptakan sebuah inovasi untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual hingga pemerkosaan yang menimpa kaum perempuan.

Dalam inovasinya ini, Mohan merancang sebuah stiker bernama Intrepid. Stiker dengan teknologi mikroprosesor tersebut ditempelkan di pakaian dalam wanita seperti bra. Teknologi yang dibenamkan ini nantinya akan menghafal bagaimana pengguna biasanya melepas pakaian dalam mereka.

Jika ada sesuatu yang tak beres seperti pelepasan secara paksa, maka ada pemberitahuan yang akan mengirim pesan ke telefon pengguna melalui teknologi bluetooth. Pesan itu berbunyi, "apakah kamu setuju?" yang muncul dalam 30 detik saja.

Namun, jika pesan itu tak ditanggapi dalam jangka waktu tersebut, Interpid akan menyalakan alarm dan mengirim pesan ke sekelompok kontak pengguna yang menandakan bahwa pengguna dalam bahaya.

Mohan sendiri menjelaskan bahwa Interpid ini tadinya hanya berupa tesis dan bukan maksud untuk dipasarkan. Namun setelah ramai diperbincangkan media lokal, dirinya mengaku terbuka untuk berkolaborasi dengan perusahaan yang ingin memasarkan produk inovasinya tersebut.

"Ya, memang ini diciptakan untuk perempuan atau seseorang yang kemungkinan akan mengalami pelecehan seksual," kata Mohan seperti dikutip dari Gizmodo, Sabtu (7/10/2017).

Kini, Mohan mengatakan bahwa dia telah menguji perangkatnya pada sekira 70 orang untuk melihat tingkat kenyamanan mereka menggunakan pakaian dalam yang dipasang stiker canggih tersebut. Melansir dari Quartz, Mohan mengaku sebagian besar koresponden merasa tidak terganggu dengan keberadaan stiker tersebut.

Kerennya lagi, Mohan mengatakan, stiker dengan mikroprosesor tersebut masih dapat bertahan meski dicuci.

Di luar dari inovasi yang diciptakan dari tesis peneliti MIT tersebut, Indonesia sendiri masih marak akan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan. Menurut Catatan Tahunan 2016 Komnas Perempuan, kekerasan seksual mencapai 2.399 kasus atau 72 persen, pencabulan mencapai 601 kasus atau 18 persen, dan pelecehan seksual mencapai 166 kasus atau lima persen.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini