Share

Tepuk Tangan! Mahasiswa Semarang Raih Medali Emas di Ajang Olahraga Internasional

Siska Permata Sari, Okezone · Sabtu 26 Agustus 2017 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 25 65 1762901 tepuk-tangan-mahasiswa-semarang-raih-medali-emas-di-ajang-olahraga-internasional-c3we2WcSHx.jpg Foto: Dok Unnes

JAKARTA - Mahasiswa Indonesia kembali meraih prestasi di kancah internasional. Berbeda dari kompetisi akademisi, mahasiswa Semarang tersebut menorehkan prestasi di ajang olahraga bola internasional yang diselenggarakan di Bintan, Kepulauan Riau.

Prestasi tersebut berupa medali emas yang berhasil diraih Muhammad Khadiq, seorang mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam ajang Beach Woodball World Cup Championship 2017.

"Perolehan medali ini merupakan kali pertama mendapat kesempatan membela tim nasional," kata Muhammad Khadiq seperti dilansir dari laman Unnes, Sabtu (26/8/2017).

Dalam kejuaran tersebut, mahasiswa jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) tersebut berhasil meraih sebuah medali emas di nomor Beregu Stroke Putra.

Selain medali emas, perwakilan Indonesia dari Unnes juga berhasil menggondol satu medali perak di nomor Beregu Fairway Putra, satu perak di nomor Ganda Putra, dan satu perak lagi di nomor Perorangan Stroke Putra.

Kompetisi ini, jelas Khadiq, diikuti oleh tim dari 10 negara, antara lain Taiwan, Hongkong, China, Korea, Malaysia, Indonesia, Singapura, Uganda, Nepal, dan India.

Tim Nasional dari Indonesia sendiri mengirimkan 11 atlet yang terdiri dari enam atlet putra dan lima atlet putri. Para atlet kebanggaan tersebut berhasil membawa pulang tiga medali emas, lima perak, dan dua perunggu.

Woodball sendiri merupakan permainan yang menyerupai golf. Bila golf menggunakan stick, Woodball menggunakan palu untuk mengantar bola melewati gerbang. Permainan ini bisa dimainkan di lapangan berumput, pasir, atau dalam ruangan.

Olahraga ini sendiri berasal dari Weng Ming-hui dan Kuang chu Young dari Taiwan sejak 1990. Namun, Dewan Olimpiade Asia menjadikan olahraga ini sebagai bagian dari program Asian Beach Games sejak 2008.

Maka, tak heran jika Beach Woodball World Cup Championship 2017 ini dimenangkan oleh Taiwan dengan perolehan tujuh medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Kejuaraan yang dimulai sejak 9 Agustus hingga 14 Agustus 2017 tersebut meliputi kompetisi Stroke, Fairway, dan Youth Event. Sementara untuk kategori peserta dibagi menjadi kategori Singel, Ganda, dan Tim yang bisa diikuti atlet putra dan putri.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini