Share

Wih! Pemprov DKI Akan Pinjamkan Bus untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Muhammad Iqbal, Okezone · Selasa 22 Agustus 2017 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 65 1760587 wih-pemprov-dki-akan-pinjamkan-bus-untuk-anak-berkebutuhan-khusus-niWyJcH2OP.jpg Foto: M. Iqbal/Okezone

JAKARTA - Penyandang disabilitas kerap kali dikesampingkan. Selain itu, pendidikan mereka saat ini masih sangat minim hingga membuat mereka hidup ala kadarnya.

Menanggapi hal ini Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku akan lebih memperhatikan nasib mereka. Selain pendidikan yang layak, Djarot juga akan memfasilitasi anak berkebutuhan khusus bus khusus sebagai moda transportasi mereka.

"Saya juga akan meminta pengajuan untuk penyediaan bus bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus, kami akan sediakan itu melalui pengajuan dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC)," jelas dia di Balai Kota, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Menurut Djarot, saat ini pemerintah banyak menggunakan Trans Jakarta sebagai moda transportasi masyarakat. Dengan demikian ia mengaku akan meminjam transportasi tersebut untuk anak berkebutuhan khusus.

"Mungkin beberapa kita bisa pinjam terlebih dahulu untuk melayani anak yang berkebutuhan khusus," ungkap dia.

Selain menyediakan bus langkah Pemrov DKI juga akan diawali dengan mendata jumlah dari anak penyandang disabilitas. Ia juga akan memberikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk mereka.

"Saya juga minta pada pak Sopan (Kadisdik) tadi, untuk mendata mereka semua yang tingkat ekonominya kurang sejahtera, tidak mampu harus dipastikan mendapatkan KJP, prinsipnya mereka harus sekolah," terang Djarot.

Selanjutnya Djarot juga meminta pada orang tua anak berkebutuhan khusus untuk lebih memperhatikan nasib dari buah hati mereka. Menurutnya orang tua wajib memenuhi hak-hak mereka untuk menjadi lebih baik.

"Anak-anak yang disabilitas itu juga anak-anak kita. Kita harus kasih perhatian dan pemenuhan hak-hak dasar mereka untuk lebih baik. Maka dibutuhkan guru-guru yang mampu mempunyai nurani dan kepedulian kepada mereka. Dan kemudian pada orang tua anak itu adalah titipan dari Allah SWT untuk kita, maka syukuri itu, rawat itu dengan sebaik-baiknya. Anak itu permata kita, permata hati kita," beber Djarot.

Menurutnya, anak yang memiliki kebutuhan khusus memiliki bakat khusus yang bisa dikembangkan.

"Tadi saya bertemu sama orang tuanya, saya titipkan itu adalah titipan mari kita rawat dengan sebaik baiknya. Kita kembangkan bakat-bakatnya yang terpendam yang ada di dalam dirinya. Karena pasti anak kita yang berkebutuhan khusus juga mempunyai bakat-bakat yang khusus dan terpendam dalam dirinya. Bakat-bakat itulah yang harus kita temukan dan kita angkat, juga kembangkan dengan baik melalui pendidikan dan orang tua," tutup Djarot.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini