Share

Keren! Mahasiswa di Aceh Ciptakan Nanoselulosa dari Ampas Tebu

Agregasi Antara, · Selasa 08 Agustus 2017 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 65 1751860 keren-mahasiswa-di-aceh-ciptakan-nanoselulosa-dari-ampas-tebu-D594qipWq6.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

ACEH - Mahasiswa Indonesia terus berkarya menciptakan produk-produk inovasi. Inovasi tersebut rata-rata menggunakan limbah untuk membuat produk baru.

Salah satu inovasi itu diciptakan oleh mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh yang menciptakan inovasi nanoselulosa dari bahan ampas tebu.

Salah satu mahasiswa Unsyiah, Karmila mengatakan ampas tebu dipilih karena itu merupakan salah satu biomassa untuk membuat nanoselulosa.

"Riset pengembangan nanoselulosa telah dilakukan dengan berbagai metode dan dengan bahan baku yang berbeda," ujar Karmila.

Ia menjelaskan, bahan baku ampas tebu tersebut berasal dari para penjual minuman air tebu yang menjadi minuman favorit di masyarakat Aceh.

Untuk pembuatan nanoselulosa dari ampas tebu, dirinya dan tim menggunakan metode hidrolisa asam sebagai upaya mengurangi limbah dari ampas tebu tersebut.

"Nanoselulosa yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai bidang, seperti biomedis, bioteknologi, dan pengganti fiber glass," kata dia.

Karmila bukanlah satu-satunya penggagas terciptanya inovasi nanoselulosa menggunakan ampas tebu. Ia bersama mahasiswa Teknik Kimia Unsyiah lainnya. Mereka adalah Aulia Chintia Ambarita, Faisal Yusupi Guswara, dan Muhammad Adam Armando.

Sementara penelitian tersebut dilakukan di Laboratorium Dasar Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Unsyiah selama empat bulan. Proses penelitian ini dilakukan secara kimiawi yaitu dengan metode hidrolisa asam.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengapresiasi atas riset yang dilakukan para mahasiswa tersebut. "Kita akan terus mendukung setiap riset atau inovasi yang dihasilkan oleh civitas akademika Unsyiah, baik itu dari dosen maupun mahasiswa," tandas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini