JK Ungkap 3 Rahasia Sukses untuk Generasi Muda, Apa Saja?

Siska Permata Sari, Okezone · Sabtu 05 Agustus 2017 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 05 65 1750402 jk-ungkap-3-rahasia-sukses-untuk-generasi-muda-apa-saja-7smRhFyoLI.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla (JK) menguak tiga rahasia sukses memajukan bangsa dan negara yang nantinya harus diemban oleh generasi muda.

Tiga poin penting tersebut dikatakan JK saat menghadiri acara wisuda Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) yang ke-17 di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Sabtu (5/8/2017).

"Bangsa yang maju punya tiga hal. Semangat, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kedamaian. Tanpa gabungan dari tiga hal itu, kita tak bisa memajukan bangsa ini," kata Jusuf Kalla di hadapan 234 wisudawan UAI.

Ia mengatakan, usai mejalani prosesi wisuda tersebut, selanjutnya adalah menghadapi tantangan baru. "Apa yang kita hadapi? Kita menghadapi dunia. Apapun dunia itu, apapun negara itu, yang dibutuhkan hanya kemakmuran dan kesejahteraan," terang dia.

Untuk mewujudkan cita-cita negara tersebut, lanjut JK, adalah menciptakan pendidikan. "Pendidikanlah yang mendasar dan utama untuk kesejahteraan suatu bangsa," ungkap Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan tersebut.

Pria kelahiran Bone tersebut juga mengakui bahwa di Indonesia saat ini masih terjadi kesenjangan. "Ketidakseimbangan itu hanya bisa diatasi oleh semangat, pendidikan, dan kedamaian. Tanpa semangat, kreativitas, dan inovasi, kita hanya bisa berdoa. Dan itu tidak cukup untuk kemajuan bangsa," jelas dia.

Bagi dia, ide dan kreativitaslah yang akan membawa para generasi muda kepada kesuksesan. "Ilmu dan profesi kadangkala tak selajan. Tapi selama ada ide dan kreativitas, pasti bisa. Yang paling penting saat ini adalah semangat berkreativitas dan inovasi," kata dia.

Di akhir pidato tersebut, Wapres RI ini berpesan untuk terus belajar walaupun masa studi telah lewat. "Tuntutlah ilmu sampai liang lahat. Itulah acuan kita untuk belajar seumur hidup," tandasnya.

Acara wisuda UAI ke-17 sekaligus Milad UAI yang ke-17 pula, turut dihadiri Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah al-Shuaibi, Muhammad Suhadi selaku Ketua Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, Mayjen TNI Jaswandi selaku Panglima Kodam Jaya Jakarta, dan Ketua Pembina YPI Al-Azhar Prof Jimly Asshiddiqie.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini