Share

Mantap! Perjuangan Anak Kuli Bangunan Berhasil Duduk di Bangku Kuliah

Siska Permata Sari, Okezone · Senin 31 Juli 2017 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 28 65 1745750 mantap-perjuangan-anak-kuli-bangunan-berhasil-duduk-di-bangku-kuliah-nLTBtj4FSc.jpg Foto: Dok Unnes

JAKARTA - Menuntut ilmu hingga ke perguruan tinggi merupakan keinginan setiap siswa. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan keistimewaan tersebut.

Kendala biaya kuliah dan faktor ekonomi kadangkala tak menghendaki untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Itulah yang terjadi pada Fenti Retno Dewi, gadis asal Blitar yang merupakan putri dari seorang kuli bangunan di Desa Tanggung, Kecamatan Wlingi Blitar.

Keinginannya untuk melanjutkan studi hingga ke lantai universitas terancam pupus karena keterbatasan biaya. Namun, berkat usahanya meraih peluang beasiswa, Fenti akhirnya menjadi mahasiswa baru di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Fenti mengaku, pada awalnya ragu dan hampir putus asa untuk melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Alasannya, kata Fenti, lagi-lagi karena keterbatasan biaya.

Tidak pernah terbayangkan oleh Fenti bisa berkuliah ke perguruan tinggi negeri dan tanpa mengeluarkan biaya besar.

"Tidak terbayangkan, orang tua saya hanya seorang kuli bangunan dengan pendapatan 50 ribu per hari, dan saya bisa kuliah," ungkap Fenti seperti dilansir dari laman Unnes, Senin (31/7/2017).

Gadis Blitar itu mengaku senang akhirnya bisa merasakan bangku kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Semarang tersebut. "Diterima di Unnes saja saya senang sekali," ujar dia.

Fenti sendiri merupakan salah satu mahasiswa baru di Unnes yang menerima beasiswa Bidikmisi dari 1.200 orang lainnya.

Dengan keberuntungan tersebut gadis yang bercita-cita menjadi guru itu berjanji akan terus raih prestasi di kampusnya. "Saya berjanji akan bersungguh-sungguh belajar untuk berprestasi," tandas Fenti.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini