Share

Kunjungi Washington, Taufiq Ismail Berbagi Pengalaman Program Pertukaran Pelajar

Siska Permata Sari, Okezone · Selasa 11 Juli 2017 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 11 65 1733865 kunjungi-washington-taufiq-ismail-berbagi-pengalaman-program-pertukaran-pelajar-LHy24SqGnH.jpg Foto: Dok KBRI

WASHINGTON - Tokoh sastra dan budaya Indonesia Taufiq Ismail mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC.

Hadir di Washington rupanya Taufiq Ismail berencana untuk reuni 60 tahun SMA-nya di Whitefish Bay High School, Milwaukee, Wisconsin. Pasalnya, tak banyak yang tahu bahwa penyair Indonesia ini merupakan Returnee Pertama di American Field Service (AFS) Angkatan 1956/1957.

Dalam kunjungan ketiganya itu, Taufiq Ismail berkesempatan untuk meresmikan Perpustakaan IMAAM yang berada di IMAAM Center, sebuah Masjid di Silver Spring, Maryland.

Di masjid tersebut, Taufiq juga menyempatkan diri untuk membagikan kisah perjalanan hidupnya semasa menjadi penyair saat duduk di bangku kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kisah program pertukaran pelajarannya selama satu tahun di Wisconsin ini juga tak luput diceritakan. Berkat pertukaran pelajar selama satu tahun itu, salah satu sahabatnya, Thomas Stone tertarik dengan Indonesia hingga menulis tugas tentang revolusi Indonesia dan Bung Tomo.

Selain itu, Taufiq juga mengisahkan tentang buku antologi puisi-puisi Amerika yang diterjemahkannya ketika ia menjadi fellow Fulbright tahun 1990-1991 di Iowa, Amerika Serikat. Buku antologi puisi tersebut hingga saat ini belum dapat diterbitkan karena biaya copyright yang mahal.

"Program pertukaran pelajar atau exchange dan penerbitan buku antologi semacam itu sangat berpengaruh positif dalam hubungan antar warga negara Indonesia dan Amerika Serikat," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Ismunandar melalui siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (11/7/2017).

Ke depannya, lanjut dia, buku puisi tersebut akan diterbitkan dan menjadi buku rujukan bagi para pelajar dan mahasiswa yang belajar sastra.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini