Share

Keren, Sabun Ini Diciptakan dari Kulit Ikan Kakap Merah

Siska Permata Sari, Okezone · Kamis 08 Juni 2017 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 06 65 1708976 keren-sabun-ini-diciptakan-dari-kulit-ikan-kakap-merah-nouvdkeoyX.jpg Foto: Dok. IPB

JAKARTA - Kreativitas dan inovasi buatan mahasiswa Indonesia memang ada-ada saja. Kini, kreasi itu mulai merambah ke dunia kosmetik. Seperti yang dilakukan sekelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang membuat sabun wajah dari kulit ikan kakap merah.

Mereka adalah Elly Rohaeti, Syifa Najmi Fauziah, Siti Agni Maharani, Anonius Sugiyanto, dan Bella Febriana. Kelimanya merupakan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB.

Berangkat dari banyaknya limbah industri perikanan dan peningkatan produksi kakap merah di Indonesia hingga 7,06% per tahun, dibuatlah sabun wajah berkolagen dari kakap merah. Pasalnya, 10%-15% limbah ikan terdiri dari kulit dan tulang yang memiliki kandungan kolagen tinggi.

"Kolagen banyak ditemukan di kulit ikan kakap merah," ungkap salah satu anggota, Elly Rohaeti, seperti dilansir dari laman IPB.

Kolagen, ungkap Elly, berfungsi untuk meningkatkan kelembapan kulit, menjaga elastisitas kulit, dan mencegah kulit dari radikal bebas. Selain menggunakan kakap merah, produk sabun wajah tersebut juga menggunakan kitosan atau biopolimer. Kedua bahan tersebut telah banyak digunakan di industri makanan, biomedis, farmasi, dan kosmetik.

"Sabun ini bisa digunakan untuk membersihkan wajah dan tubuh. Produk ini juga menghasilkan busa yang lembut di kulit dan akan memberikan hasil akhir yang mengilap," imbuhnya.

Sabun bikinan lima mahasiswa Bogor tersebut rencananya juga akan diproduksi massal dan diajukan permohonan paten atas formulanya. (afr)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini