Share

Anies Baswedan Ingatkan Mahasiswa Asah Leadership

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 14 April 2017 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 14 65 1667653 anies-baswedan-ingatkan-mahasiswa-asah-leadership-lRYuAlxv7O.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Nilai akademis yang tinggi saja tak cukup membuat seseorang menjadi sukses. Untuk itu, Anies Baswedan selalu berpesan kepada anak muda, khususnya mahasiswa, untuk melatih skill leadership.

Calon gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, mahasiswa perlu didorong menjadi seorang aktivis. Namun, mereka juga tak boleh lupa tugas utamanya untuk belajar dan meraih nilai sebaik mungkin.

"Menjadi aktivis baik di dalam maupun di luar kelas. Jangan terbalik, aktif di luar kelas tetapi di dalam kelas pasif," sebutnya dalam sebuah wawancara.

Mahasiswa yang sibuk mengatur waktu di masa muda, ujar Anies, akan mendapat kesuksesan di masa depan. Sebaliknya, mahasiswa yang waktunya lebih banyak senggang harus berhati-hati karena bisa jadi kegagalan menunggu di depan.

"Saya selalu sampaikan bahwa IPK yang tinggi akan mengantar Anda dalam panggilan wawancara. Tapi di ruang wawancara yang penting leadership, kemampuan komunikasi, dan berpikir analitis," ucapnya.

Kepada para mahasiswa, inisiator Indonesia Mengajar itu ingin mereka mampu mengembangkan diri sebaik mungkin di kampus. Selain itu, jangan takut untuk mengambil jalan yang mendaki karena proses yang berliku itulah justru mampu membuahkan keberhasilan.

"SD tujuannya masuk SMP. SMP tujuannya masuk SMA. SMA teruskan ke universitas. Setelah universitas itu sangat luas sekali. Untuk itu bersiaplah untuk area yang lebih luas," simpulnya. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini