Minat Meningkat, Madrasah Harus Bebenah

Iradhatie Wurinanda, · Selasa 07 Maret 2017 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 07 65 1636655 minat-meningkat-madrasah-harus-bebenah-nNc1BcC69e.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, Endang Maria Astuti mengungkapkan, minat siswa sekolah di madrasah semakin meningkat. Menurut dia, orangtua kini tak hanya berbondong-bondong mendaftarkan anaknya menempuh pendidikan di sekolah negeri.

"Tidak sedikit yang memasukkan anaknya ke madrasah, bahkan ke pondok pesantren. Ini terjadi di Pulau Jawa dan luar Jawa," ucapnya dihubungi Okezone, Selasa (7/3/2017).

Anggota DPR Fraksi Golongan Karya (Golkar) itu menyebut, semakin hari pemahaman agama masyarakat meningkat. Kondisi ini mendorong mereka menyekolahkan anaknya ke madrasah.

Meski begitu, di sisi lain peningkatan minat ke madrasah perlu didukung dengan penyediaan fasilitas, termasuk sarana-prasarana sekolah. Sebab, saat ini kualitas pendidikan di madrasah masih belum merata.

"Kesetaraan harus dibangun suapaya kualitas madrasah tidak kalah dengan sekolah yang berbasis internasional," tuturnya.

Dia menambahkan, fasilitas di madrasah negeri relatif sudah baik lantaran selalu mendapat bantuan dari pemerintah. Sedangkan di madrasah swasta masih banyak yang minim dan harus ditingkatkan.

"Jati diri anak bangsa banyak dibangun di madrasah. Ini yang harus di-support dan didorong oleh kami di Komisi VIII," tukasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini